Virtual Training Guru SMK Bersama Oracle Academy Resmi Dimulai

Jakarta, Ditjen Vokasi -- Direktorat Kemitraaan dan Penyarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dit. Mitras DUDI), menjalin kerja sama dengan Oracle Academy untuk memberikan program Virtual Training secara gratis untuk guru SMK. Pelatihan resmi dibuka oleh Wikan Sakarinto, Dirjen Pendidikan Vokasi dan Mr. Damian Haas, Direktur Oracle Academy Regional Jepang dan Asia Pacific, Senin (18/05).

Pembukaan dihadiri pula oleh Davian Omas, Managing Director Oracle Indonesia serta M. Bakrun selaku plt. Direktur Mitras DUDI, dan juga segenap Pejabat di lingkungan Ditjen Pendidikan Vokasi. Sebanyak 75 orang guru SMK yang telah terpilih juga turut mengikuti prosesi pembukaan tersebut secara virtual.

Pelatihan ini ditujukan bagi guru kejuruan kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, dan guru mata pelajaran Simulasi Digital.

Peserta pelatihan yang dilaksanakan mulai tanggal 18 s.d 29 Mei 2020, dipilih melalui proses seleksi terhadap 2.425 pendaftar dari 1.505 SMK. Terdapat tiga kelas yang ditempati sebanyak 25 orang untuk masing-masing kelasnya.

Pelatihan diselenggarakan selama 2 jam setiap harinya. Pilihan menu dalam program pelatihan ini adalah Oracle Academy Virtual Training Program untuk Java Fundamentals, Java Foundation (Sertifikasi OCJA), dan Database Foundation (Sertifikati OCJA).

Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya Ditjen Pendidikan Vokasi untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran SMK melalui kemitraan strategis dengan dunia usaha dan dunia industri.

Dengan memperbanyak pelatihan seperti ini diharapkan Sekolah Menengah Kejuruan dapat menyesuaikan diri dengan mencetak lulusan yang mampu menjawab kebutuhan industri yang semakin meningkat.(Misi/AS)