Tip Mengolah Daging Kambing Agar Rendah Kolesterol dan Tetap Lezat

Tip Mengolah Daging Kambing Agar Rendah Kolesterol dan Tetap Lezat

Pasuruan, Ditjen Vokasi - Momen Iduladha identik dengan daging kurban, terutama daging kambing. Namun, daging kambing diketahui memiliki tingkat kolesterol yang tinggi. Kolesterol yang berlebih dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara mengolah daging kambing agar tetap lezat dan rendah kolesterol.


Lalu bagaimana tip mengolah daging kambing agar rendah kolesterol dan tetap lezat? Nah, Latiefah Bachmid selaku Direktur LKP Smart Center, Pasuruan, Jawa Timur membagikan tip tersebut. 


  1. Pilih Potongan Daging Kambing yang Rendah Lemak

Ketika memilih daging kambing, perhatikan potongan yang memiliki sedikit lemak. Lemak pada daging kambing mengandung kolesterol. Jadi dengan memilih potongan yang rendah lemak, kamu dapat mengurangi kandungan kolesterol secara signifikan. Pilihlah daging kambing yang tidak terlalu tua maupun terlalu muda. Apalagi jika ingin diolah menjadi sate, maka yang bisa digunakan adalah murni daging tanpa lemak.


  1. Rebus Daging Sebelum Diolah

Latiefah juga menyampaikan bahwa setelah memilih potongan daging dan dibersihkan, alangkah lebih baik daging kambing direbus terlebih dahulu. Rebuslah daging antara satu sampai dengan dua kali rebusan. Air kaldunya tidak perlu dipakai dengan begitu bisa mengurangi kandungan kolesterol.


  1. Tambahkan Bumbu dan Rempah

Dalam membuat sup kambing atau gulai, pastikan menambahkan banyak bumbu dan rempah. Hal itu dikarenakan rempah seperti serai, tomat, jahe berfungsi untuk menekan kolesterol yang ada di daging. Dengan begitu, makanan yang dikonsumsi dapat terasa lezat karena kaya akan rempah sekaligus rendah kolesterol.

  1. Perbanyak Sayuran

Untuk mempertahankan keseimbangan dan mengurangi kandungan kolesterol dalam makanan, kamu dapat mengombinasikan daging kambing dengan sayuran segar, biji-bijian, serta sumber protein nabati seperti kacang-kacangan atau tahu. Dengan cara ini, secara keseluruhan, akan membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam hidangan tersebut.


  1. Perhatikan Porsi dan Frekuensi Konsumsi

Meskipun telah mengolah daging kambing agar rendah kolesterol, tetap perhatikan porsi dan frekuensi konsumsi, ya. Terlalu banyak mengonsumsi daging, bahkan yang rendah kolesterol, dapat berdampak negatif pada kesehatan. Seimbangkan asupan protein dengan sayuran, biji-bijian, dan sumber makanan lainnya.


Mengolah daging kambing agar rendah kolesterol dapat dilakukan melalui beberapa teknik pengolahan yang disebutkan di atas. Dengan demikian kamu tetap bisa menikmati daging kambing di hari raya Iduladha ini tanpa khawatir kolesterol tinggi. (Zia/Cecep)


Sumber foto: Saesheera dari Pixabay