Tertarik dengan Ukir-mengukir Buah dan Sayuran? 2 Hal Ini Perlu Kalian Pahami

Tertarik dengan Ukir-mengukir Buah dan Sayuran? 2 Hal Ini Perlu Kalian Pahami

Denpasar, Ditjen Vokasi – Saat kalian berkunjung ke restoran atau tempat makan lainnya pernah tidak kalian melihat buah-buahan atau sayur-sayuran yang diukir menjadi berbagai karakter?


Mengukir atau carving merupakan teknik untuk membentuk ukiran suatu benda biasa menjadi sebuah karya seni yang tinggi. Membahas perihal ukir-mengukir ternyata tak hanya kayu saja lo yang bisa diukir. Ada berbagai media yang bisa dijadikan sebagai objek ukiranmu misalnya buah dan sayuran. 


Seni mengukir buah dan sayur sering disebut juga dengan fruit and vegetable carving. Dalam melakukan kegiatan ini dibutuhkan pisau khusus dan perlu dilakukan oleh orang yang suka dengan seni ukir karena dalam membuat carving memerlukan kesabaran dan ketelatenan yang tinggi.


Tidak semua orang bisa melakukan ini terlebih mengingat tekstur dari dua bahan tersebut berbeda-beda sehingga teknik yang digunakan pun harus diperhatikan. Akan tetapi, semua ini bisa dipelajari asalkan kalian mau terus belajar dan berlatih.


Buat yang tertarik untuk belajar carving kalian tidak perlu khawatir, I Wayan, siswa Jurusan Tata Boga, SMKN 3 Denpasar, akan memberi tahu beberapa hal yang harus diperhatikan ketika belajar carving.


Hal pertama yang perlu ditanamkan dalam diri sebelum memulai belajar adalah harus senang. Sebagai pemula penting sekali untuk menanamkan kecintaannya pada seni ukir sehingga ketika belajar tidak ada rasa terpaksa dan hasilnya bisa maksimal.


“Untuk belajar mengukir ini niat kita harus bulat artinya ngga setengah-setengah. Soalnya akan susah kalo dari awal udah ngga yakin seratus persen pasti ke sananya kita ngga enjoy belajarnya,” ucap Wayan.


Kemudian, dalam belajar mengukir kita harus mempersiapkan tangan yang luwes. Artinya ketika memegang pisau dan objek dalam hal ini buah ataupun sayur tangan kita tidak boleh kaku.


“Kalo kita ngukir kan pasti pegang alat nih, nah alatnya itu pake pisau khusus ukir. Kita bisa milih nih pisau yang nyaman untuk dipegang. Nah dalam memegang pisaunya kita juga ngga boleh kaku soalnya tangan kita harus bergerak terus untuk mengukir buah tersebut,” tutur Wayan.


Setelah berhasil belajar mengukir, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari inspirasi bentuk.


“Kita bisa nih nyari ide dengan melihat model-model di internet. Akan tetapi saya sarankan untuk pemula mending nyari yang detail-detailnya ngga terlalu kecil. Selain itu untuk tahap belajar lebih disarankan memilih buah atau sayuran yang berukuran besar soalnya untuk buah yang kecil pasti membutuhkan detail yang cukup rumit,” ucap Wayan.


Itu dia tiga hal yang harus diperhatikan saat belajar seni ukir pada buah dan sayur. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tiga hal tersebut tidak akan berhasil jika tidak diimbangi dengan latihan yang rutin. Oleh karena itu, jangan lupa terus berlatih ya. Selamat mencoba. (Aya/Cecep)