Terapkan MBKM, Politeknik eLBajo Siapkan SDM Unggul

Terapkan MBKM, Politeknik eLBajo Siapkan SDM Unggul

Labuan Bajo, Ditjen Diksi – Meski terbilang baru berdiri sejak 4 April 2018 lalu, Politeknik eLBajo Commodus kini telah memiliki total mahasiswa 465 orang, yang terbagi dalam enam program studi, yakni D-4 Manajemen Pemasaran Internasional, D-4 Akuntansi Perpajakan, D-4 Pengelolaan Perhotelan, D-3 Ekowisata, D-3 Teknologi Informasi, dan D-3 Perhotelan. Tercatat, politeknik juga telah meluluskan sebanyak total 24 orang dari Prodi D-3 Ekowisata dan D-3 Perhotelan.

Dengan menerapkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), perguruan tinggi pertama di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur ini bersama dengan mitra-mitra industri yang ada di Labuan Bajo telah berkolaborasi dan berhasil dalam menyiapkan SDM unggul dan berdaya saing. Hal tersebut dibuktikan dengan total 24 mahasiswa yang masih kuliah di semester II dan IV sudah diterima bekerja di industri-industri, antara lain Sudamala Resort Komodo, Sudamala Resort Seraya, Ayana Komodo Resort, Meruorah, Kado Bajo, The Jayakarta Suites Komodo Flores, La Prima Hotel, Eco Tree O’tel, Plataran Komodo Resort & Spa, Mama Komodo Hotel, dan Start-Up NoaBike.

“Peranan Politeknik eLBajo Commodus bagi mahasiswa adalah sebagai jembatan yang membuka jalan dan kesempatan baru untuk mahasiswa bisa terjun langsung ke dunia industri,” ujar Christiyane Gerviani Mansen, mahasiswi D-4 Pengelolaan Perhotelan semester 8 yang saat ini menjabat sebagai Supervisor F&B di Sudamala Resort Komodo.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Alberta Kantur, mahasiswi D-3 Perhotelan semester 6 yang sebelumnya merupakan mahasiswi praktik kerja industri (prakerin) dan juga sudah diterima bekerja di Sudamala Resort Komodo sebagai Waitress.

Menurut Maria Agusta, HR Manager Sudamala Resort Komodo & Seraya, hubungan kerja sama antara Politeknik eLBajo Commodus dan Sudamala Resort sudah link & match, di antaranya penerimaan mahasiswa prakerin, pelaksanaan kelas industri dengan menghadirkan praktisi dari industri sebagai dosen tamu, dan perekrutan tenaga kerja di industri bagi mahasiswa. “Adapun alasan dibukanya perekrutan tenaga kerja bagi mahasiswa Politeknik eLBajo Commodus karena sesuai dengan pembelajaran dengan konsentrasi program studi di bidang perhotelan yang sesuai bidang usaha yang dimiliki oleh Sudamala Resort Komodo & Seraya,” tuturnya.

Sedangkan Abdul Khoifan, Manager Operasional Start-Up NoaBike menyebutkan, saat ini tercatat 2 mahasiswa yang sudah diterima bekerja di Start-Up NoaBike. Salah satunya adalah mahasiswa Program Studi D-4 Manajemen Pemasaran Internasional semester 6, yakni Florentinus Darman yang sudah diterima bekerja sebagai Front Desk Crew di Start-Up NoaBike.

Selain itu, kampus dan Start-Up NoaBike juga berkolaborasi dalam pengembangan model bisnis, terutama dalam platform penyewaan sepeda listrik NoaBike. “Terima kasih atas hadirnya Politeknik eLBajo Commodus yang menyiapkan SDM unggul dan kompeten serta sudah siap untuk beradaptasi dengan dunia industri,” ujarnya.

Sementara itu, para mitra industri Politeknik eLBajo Commodus juga memberikan masukan agar mahasiswa politeknik bisa meningkatkan kepercayaan diri, profesionalitas, kejujuran, ketahanan fisik, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing, dan juga kemampuan dalam mengoperasikan komputer. Hal tersebut disampaikan oleh mitra guna menjadi bahan evaluasi dalam peningkatan soft skill serta hard skill mahasiswa Politeknik eLBajo Commodus ke depannya. (Diksi/MIAL/AP/NA)