SMK Ini Unggulkan Produk Herbal

SMK Ini Unggulkan Produk Herbal

Malang, Ditjen Diksi - Beragam produk unggulan yang dihasilkan melalui project-based  learning (PBL) maupun yang dikembangkan oleh teaching factory menjadi bukti nyata SMK memiliki peran penting di masyarakat.

 

Kunyit Asem berlabel Karisma, misalnya. Ini merupakan produk unggulan dari program studi Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) SMKN 1 Malang, Jawa Timur, yang laku keras di pasaran, terlebih saat momentum Lebaran.

 

“Kunyit asem ini kalau mau Lebaran itu pesanannya membeludag. Siswa jadi pada lembur untuk memproduksi, tetapi mereka senang, karena ada bonusnya,” ujar Asrofi, Wakil Kepala SMKN 1 Malang Bidang Kehumasan.

 

Selain mengandung beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, minuman herbal yang diproduksi SMKN 1 Malang tersebut dijual dengan harga yang ekonomis, yakni Rp2.000 per gelasnya.

 

Sementara itu Kepala Program Kompetensi Keahlian APHP, Umi Nur Arifah, mengungkapkan, minuman herbal yang diproduksi SMKN 1 Malang tersebut kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. “Kita jual dengan harga ekonomis saja. Dengan harga yang cukup murah, tidak mengurangi kandungan dan manfaat dari minuman kunyit asem ini,” tuturnya.

 

Selain kunyit asem, beragam produk lain olahan hasil pertanian SMKN 1 Malang, di antaranya aneka kue kering dan roti. Keduanya juga merupakan produk unggulan yang diminati masyarakat. “Kue ini juga banyak yang pesan. Bahkan, saat Lebaran benar-benar banyak orderan,” tambah Nur. (Diksi/Tan/AP/NA)