‘Skafourta Expo 2022’ Pamerkan Ratusan Produk SMK

‘Skafourta Expo 2022’ Pamerkan Ratusan Produk SMK

Yogyakarta, Ditjen Diksi - Guna mendukung program mencetak wirausaha muda yang mampu memiliki daya saing global, SMKN 4 Yogyakarta menggelar “Skafourta Expo 2022” yang diselenggarakan di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta, pada 3 hingga 5 Juni 2022. Melalui progam teaching factory dan project based learning (PBL) yang mendorong kreativitas siswa dalam melahirkan beragam produk, kegiatan ini digelar dengan harapan dapat mengenalkan produk unggulan hasil karya siswa SMK kepada pihak luar.

 

Kepala SMKN 4 Yogyakarta, Setyo Budi Sungkowo menyampaikan, pameran tersebut merupakan sebuah ajang bagi SMKN 4 Yogyakarta dalam mengenalkan produk siswanya, serta berharap mengundang pembeli. “Ya, memang tidak hanya barang di sini. Akan tetapi, kita juga menawarkan jasa. Terlebih, SMKN 4 Yogyakarta ini ada jurusan perjalanan wisata,” ujarnya.

 

Ratusan produk yang dipamerkan terdiri dari fesyen, karya seni, makanan, jasa perjalanan wisata, tata kecantikan, dan spa. Seluruh produk tersebut dihasilkan oleh siswa SMKN 4 Yogyakarta sebagai bagian dari pembelajaran yang disesuaikan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

 

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta, Didik Wardaya menyatakan dukungannya terhadap SMK, khususnya di wilayah Yogyakarta yang “link and match” dengan dunia industri, termasuk dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pameran produk.

 

“Saat ini peralatan di SMK juga sudah banyak disesuaikan seperti dengan apa yang ada di industri sehingga hal itu bisa membuat SMK semacam replika dalam melakukan kegiatan seperti di industri dalam menghasilkan beragam produk unggulan,” tuturnya.

 

 

“Skafourta Expo 2022” yang digelar oleh SMKN 4 Yogyakarta merupakan salah satu dari banyaknya upaya dalam mengenalkan produk-produk buatan siswa SMK yang luar biasa dan bermanfaat bagi masyarakat. (Diksi/Tan/AP/AS/NA)