Selamat Hari Bumi, Ini Dia Lima Tip Menjaga Lingkungan Menurut SMK Jurusan Teknik Energi Terbarukan

Selamat Hari Bumi, Ini Dia Lima Tip Menjaga Lingkungan Menurut SMK Jurusan Teknik Energi Terbarukan

Kupang, Ditjen Vokasi – Dalam era perubahan iklim yang semakin terasa, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan perlu digencarkan. Langkah-langkah kecil dapat mulai kita lakukan untuk membuat perubahan besar. 


Setiap tindakan yang kita lakukan memiliki dampak positif dalam pelestarian lingkungan. Berikut ini adalah lima tip sederhana menurut Serci Neolaka, guru Jurusan Teknik Energi Terbarukan, SMKN 5 Kupang, Nusa Tenggara Timur, yang efektif yang bisa kamu terapkan untuk membantu menjaga lingkungan. 


  1. Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Plastik sekali pakai menjadi salah satu penyumbang utama polusi lingkungan. Mulailah dengan mengurangi penggunaan kantong plastik saat berbelanja dan beralihlah ke kantong belanja yang dapat digunakan berulang kali. Selain itu, hindari penggunaan sedotan plastik dengan menggunakan sedotan yang dapat digunakan kembali seperti sedotan yang berbahan stainless steel atau bambu.


  1. Daur Ulang dan Mendaur Ulang

Praktik daur ulang adalah cara yang efektif untuk mengurangi limbah dan penggunaan sumber daya alam. Pisahkan sampah organic dan anorganik di rumah dan pastikan untuk mendaur ulang barang-barang seperti kertas, kardus, logam, dan plastik sesuai dengan sistem daur ulang yang berlaku. Dengan cara ini, kamu telah membantu mengurangi volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir dan memperpanjang umur pakai sumber daya alam.


  1. Hemat Energi 

Menerapkan perilaku hemat energi tidak hanya membantu menjaga lingkungan, tetapi juga mengurangi tagihan listrik kamu. Matikan lampu dan perangkat listrik saat tidak digunakan. Gunakan peralatan yang hemat energi dan pertimbangkan untuk mengganti lampu pijar dengan lampu LED yang lebih efisien. 


  1. Gunakan Transportasi Ramah Lingkungan

Transportasi menjadi salah satu penyumbang utama emisi gas rumah kaca. Kamu dapat mengurangi jejak karbon dengan menggunakan transportasi ramah lingkungan seperti berjalan kaki, bersepeda, menggunakan transportasi umum, dan lainnya. Apabila memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan kendaraan listrik atau kendaraan bertenaga alternatif lainnya.


  1. Mendukung Produk Ramah Lingkungan

Pilihlah produk yang ramah lingkungan saat berbelanja. Cari produk yang terbuat dari bahan daur ulang atau bahan ramah lingkungan lainnya, dan prioritaskan produk-produk lokal untuk mengurangi dampak transportasi. Selain itu, pertimbangkan untuk membeli produk-produk dengan label sertifikasi lingkungan seperti label organik.


Itu dia lima tip menjaga lingkungan yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melakukan langkah-langkah kecil tersebut kamu dapat berperan dalam menjaga lingkungan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan di masyarakat. Sebagai informasi pada tanggal 22 April ini dunia memperingatinya sebagai Hari Bumi. (Aya/Cecep)



Sumber foto: Freepik