Salurkan Minat dan Bakat Siswa di Bidang Otomotif, SMK Walang Jaya Ikuti Gelaran IDW Racertees

Salurkan Minat dan Bakat Siswa di Bidang Otomotif, SMK Walang Jaya Ikuti Gelaran IDW Racertees

Jakarta, Ditjen Vokasi – Sebagai upaya untuk menyalurkan minat dan bakat siswa SMK di bidang otomotif, SMK Walang Jaya, Jakarta, mengikuti gelaran Independent Drag Wars (IDW) yang dilaksanakan pada 6 s.d. 8 September 2024. 


Independent Drag Wars sendiri adalah salah satu ajang drag terbesar yang mempertemukan banyak bintang dari Indonesia hingga luar negeri. Ajang ini menjadi wadah bagi siswa SMK Walang Jaya dalam memperlihatkan kemampuan terbaiknya dalam hal teknis perakitan, perawatan kendaraan bermotor, dan menjadi rider


Aji Wisnugroho, selaku Pembina Yayasan Walang Jaya sekaligus pembimbing siswa dalam ajang IDW, menyampaikan bahwa keikutsertaan siswa SMK Walang Jaya dalam ajang IDW ini menjadi bagian dari upaya sekolah dalam memberikan ruang bagi siswa untuk berkreasi dan meningkatkan keahlian sesuai dengan kompetensinya di luar kelas. 


“Kegiatan seperti ini penting bagi siswa kami karena dapat memperkaya pengalaman mereka. Oleh karena itu, sejak dulu kami telah mengikuti ajang ini, tujuannya agar mental siswa semakin terasah dan kemampuannya semakin teruji,” ucap Wisnugroho. 


Lebih lanjut, Wisnugroho menuturkan bahwa SMK Walang Jaya memiliki ekstrakurikuler balap motor yang telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai sehingga untuk menghadapi IDW Racertees, siswa SMK Walang Jaya tidak terlalu sulit. 


“Pada gelaran IDW Racertess 2024, SMK Walang Jaya berkolaborasi dengan tim-tim besar. Kita menargetkan untuk bisa naik podium dan target tersebut berhasil kami dapatkan. Target kami ke depan, kami bisa balapan di tingkat Asia,” ucap Wisnugroho. 


Tidak hanya mengikuti IDW Racertees saja, siswa SMK Walang Jaya juga sering mengikuti acara serupa yang dilaksanakan di Bogor, Mandalika, Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. 

Sementara itu, Kepala SMK Walang Jaya, Gatot Edi Sabekti, menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan racing team ini, SMK Walang Jaya telah membuka pintu baru bagi siswa untuk mengeksplorasi minat mereka di dunia otomotif, serta mengasah kemampuan dan mental juara untuk meraih masa depan yang gemilang.

“Kompetisi seperti IDW Racertees memberikan kesempatan bagi para siswa untuk menunjukkan kemampuan mereka dan bersaing di tingkat nasional, serta membuka peluang untuk berkarier di dunia otomotif profesional,” ucap Edi. (Aya/Cecep)