Sablon Tetap Awet, 5 Tip Merawat Pakaian Bersablon Menurut SMK Syubbanul Wathon

Sablon Tetap Awet, 5 Tip Merawat Pakaian Bersablon Menurut SMK Syubbanul Wathon

Magelang, Ditjen Vokasi – Pakaian yang didesain dengan sablon kini semakin digemari oleh banyak kalangan, terutama saat ada event-event tertentu. 


Selain membuat pakaian menjadi lebih indah, desain sablon juga membuat pakaian yang dikenakan memiliki identitas. Namun, sering kali sablon pada pakaian menjadi cepat pudar karena kurangnya perawatan yang tepat. Untuk menjaga agar sablon tetap awet dan tahan lama, penting bagi kita untuk mengetahui cara merawat pakaian bersablon dengan benar. 


Berikut ini ada lima tip yang dapat diterapkan untuk menjaga keawetan pakaian bersablon menurut Nurya Oktaviana, guru Konsentrasi Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV), SMK Syubbanul Wathon, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 


  1. Cuci dengan Air Dingin

Untuk mencuci pakaian bersablon hindari menggunakan air panas dan lebih dianjurkan untuk menggunakan air dingin. Hal ini dikarenakan air panas dapat merusak sablon dan mempercepat pemudaran warnanya. Penggunaan air dingin tidak hanya menjaga kualitas sablon, tetapi juga mempertahankan serat pakaian.


  1. Jangan Gunakan Pemutih

Menggunakan pemutih atau bahan kimia keras saat mencuci pakaian dapat membuat sablon cepat rusak. Pemutih cenderung mengikis lapisan tinta sablon sehingga membuatnya terkelupas dan memudar.


  1. Balik Pakaian Saat Mencuci

Salah satu langkah sederhana yang bisa diterapkan adalah membalik pakaian sebelum mencucinya. Cara ini akan melindungi sablon dari gesekan langsung dengan pakaian lain maupun dengan mesin cuci, yang dapat menyebabkan sablon retak atau rusak.


  1. Jangan Disikat

Jika terdapat noda pada pakaian bersablon, hindari menyikat terlalu keras di bagian sablon. Menggosok sablon dengan kuat dapat mengakibatkan kerusakan pada desain. Sebaiknya gunakan spons lembut atau tangan untuk membersihkan bagian tersebut.


  1. Jangan Dijemur Langsung di Bawah Sinar Matahari

Sinar matahari langsung dapat membuat warna sablon cepat memudar. Oleh karena itu, jemurlah pakaian bersablon di tempat yang teduh atau dengan posisi terbalik agar sablon tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.


Itu dia lima tip merawat pakaian bersablon agar pakaian kamu tetap terlihat seperti baru dan sablonnya pun tetap awet. Pakaian yang dirawat dengan baik akan memperpanjang masa pakainya dan menjaga tampilan sablon tetap menarik, selamat mencoba. (Aya/Cecep)