Raih Dua Penghargaan, Ditjen Pendidikan Vokasi Menyala di Media Relations Awards 2024

Raih Dua Penghargaan, Ditjen Pendidikan Vokasi Menyala di Media Relations Awards 2024

Bandung, Ditjen Vokasi - Praktik baik pendidikan vokasi turut eksis dalam ajang Anugerah 78 Tahun SPS Award yang diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS). Dalam ajang pers bergengsi tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meraih dua penghargaan pada kategori Media Relations Awards (MRA) 2024, khususnya pada subkategori Press Release dan Press Gathering. 


Penghargaan diterima langsung oleh Ketua Tim Kerja Bidang Kerja Sama dan Humas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Cecep Somantri, pada Jumat (20-09-2024) di Bandung, Jawa Barat. 


Cecep menyampaikan bahwa penghargaan ini adalah bukti bahwa banyaknya praktik baik pendidikan vokasi di Indonesia juga mendapat apresiasi besar. Cecep pun mendorong agar satuan pendidikan vokasi terus antusias dalam publikasi praktik baik. 



“Dua penghargaan kali ini adalah kristalisasi perjuangan dan konsistensi. Tatkala prestasi menjadi tradisi, kadang orang lupa upaya dan peluh di belakangnya. Untuk itu, kita rayakan ini dengan ungkapan rasa syukur dan motivasi agar menjadi lebih baik lagi.” ungkap Cecep. 


Di tempat terpisah, Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Tatang Muttaqin, menyampaikan apresiasi besar kepada semua pihak yang mendukung publikasi dan selalu menyebarkan praktik-praktik dari satuan pendidikan vokasi.


Terima kasih kepada satuan pendidikan vokasi yang terus berinovasi dan membagikan praktik baiknya dengan tim humas. Semoga penghargaan ini jadi pemantik semangat untuk terus menebarkan praktik baik pendidikan vokasi,” ujar Tatang.


Standar yang Semakin Ketat



Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi meraih dua penghargaan sekaligus bukanlah suatu hal yang mudah. Penghargaan tersebut meliputi Gold Winner untuk Press Gathering dan Silver Winner untuk Press Release.


Kedua penghargaan diberikan sebagai apresiasi atas upaya Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dalam meningkatkan publikasi terkait capaian, praktik baik, serta kebijakan dalam memberikan dampak pada kemajuan pendidikan vokasi di Indonesia serta dalam upaya membangun komunikasi dan hubungan yang baik dengan media. 


Sebagai informasi, Media Relations Awards (MRA) adalah sebuah ajang kompetisi yang mengapresiasi kinerja korporasi/institusi di bidang media relations. MRA tahun ini pun diikuti oleh puluhan instansi dengan standar yang semakin ketat. 


Dewan Juri SPS Awards 2024 terdiri atas Asmono Wikan (CEO PR Indonesia), Maria Wongsonegoro (PR Consultant), Jojo S Nugroho (Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI), Pung Purwanto (Pemimpin Redaksi Sindonews.com), dan Tri Agung Kristanto (Wakil Ketua Umum Harian Kompas).

 

Sebagai juri, Pung Purwanto pun mengungkapkan “Semua yang masuk sudah memenuhi standar press release yang baik. Catatan saya adalah bagaimana memasukkan data dalam sebuah press release.”


Tak hanya Pung Purwanto, Tri pun menyampaikan apresiasinya kepada seluruh tim humas korporat yang sudah berkomitmen dalam menyiapkan siaran pers. 


“Tim humas korporat terlihat sudah menguasai teori bagaimana membuat siaran pers yang baik," ujar Tri. (Zia/Cecep)