Punya Masalah Kolesterol Inilah Tanaman Herbal untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Punya Masalah Kolesterol Inilah Tanaman Herbal untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Pontianak, Ditjen Vokasi - Masalah kesehatan seperti kolesterol yang tinggi dapat menimpa siapa saja, terlebih bagi orang yang tidak menjaga pola makan dan hidup sehat. Sudah saatnya bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk mengelola kolesterol agar tetap stabil. 


Nah, melalui artikel ini, Gun Gun Gunansah sebagai pemimpin LKP Goen Goen Refleksi, Pontianak, Kalimantan Barat yang telah berkecimpung di dunia pengobatan tradisional memberikan beberapa tip menurunkan kolesterol jahat. Caranya adalah dengan mengonsumsi beberapa tanaman herbal.


Penasaran ada tanaman herbal apa saja yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat? 


  1. Daun afrika

Daun afrika, yang juga dikenal sebagai daun Vernonia Amygdalina atau bitter leaf, telah digunakan secara tradisional untuk pengobatan berbagai kondisi kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol.


Daun afrika mengandung senyawa-senyawa bioaktif, seperti polifenol, flavonoid, dan saponin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. 


Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu merebus 5 lembar daun afrika. Setelah mendidih, minumlah airnya saat pagi dan sore hari. 


  1. Air kelapa muda

Air kelapa muda adalah minuman yang rendah lemak jenuh, yang diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Dengan menggantikan minuman tinggi lemak jenuh dengan air kelapa muda, kamu dapat membantu mengurangi asupan lemak jenuh dan mempengaruhi penurunan kolesterol. Menurut Gun Gun, waktu terbaik meminum air kelapa muda adalah paling lama 15 menit setelah kelapa dikupas. Kamu juga bisa menambahkan madu untuk memperkaya rasa.


  1. Jahe

Tanaman herbal yang kaya khasiat lainnya adalah jahe. Kamu bisa merebus jahe dan airnya bisa diminum secara rutin di pagi dan malam hari. 


Jahe diketahui memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi, yang dapat membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan dan peradangan yang terkait dengan peningkatan kadar kolesterol LDL.


Selain itu, penting juga untuk diketahui bahwa pengobatan kolesterol tinggi harus didiskusikan dengan profesional medis/dokter, ya. Pengelolaan kolesterol biasanya melibatkan kombinasi perubahan gaya hidup sehat, seperti makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur. (Zia/Cecep)