Polnep-Norwegia Kerja Sama Kembangkan SDM

Pontianak, Ditjen Diksi – Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) diketahui telah melakukan kerja sama melalui Research Method Workshop. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian Program  “Citizens Participation in Resource Governance and Sustainable Transition” yang dijalankan oleh Research Centre for Politics and Government (PolGov), Departemen Politik dan Pemerintah (DPP) Universitas Universitas Gadjah Mada (UGM) yang bekerja sama dengan Norwegian University of Science and Technology (NTNU) dan mendapatkan dukungan dari the Norwegian Program for Capacity Development in Higher Education and Research for Development (NORHED).

 

“Kegiatan ini merupakan salah satu implemantasi dari kerja sama internasional antara Polnep dan Norwegia yang sangat membantu Polnep untuk mengembangkan SDM,” ujar Direktur Polnep Muhammad Toasin Asha di Pontianak, Kalimantan Barat (30/5).

 

Asha berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dosen Polnep dalam melakukan penelitian bersifat multi-disiplin. Selain kegiatan pelatihan metodologi penelitian, pada program ini juga diselenggarakan hibah penelitian.

 

Asha menjelaskan, Polnep menjadi satu-satunya politeknik yang terlibat dalam proyek internasional ini. Program ini berupaya untuk memperluas kemitraan berbasis penelitian antara Norwegian University of Science and Technology (NTNU) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan melibatkan mitra dari Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Nusa Cendana (UNDANA), dan Politeknik Negeri Pontianak. Program kerja sama dengan pihak Norwegia ini akan berlangsung hingga tahun 2026.

 

Research Method Workshop dilaksanakan dalam rangka persiapan dalam menyusun metodologi penelitian partisipasi, sehingga dapat meningkatkan kemampuan riset dan literasi yang berkualitas, kreatif, dan inovatif bagi dosen di Polnep.

 

Kegiatan workshop sendiri diikuti oleh dosen Program Studi Budidaya Perikanan dan perwakilan dosen dari semua jurusan di Polnep, dengan menghadirkan narasumber Yohana S. Kusuma Dewi. (Diksi/Erwandi/AP/NA)