Polije Berbagi Informasi: 3 Jenis Kemasan untuk Produk yang Menarik

Polije Berbagi Informasi: 3 Jenis Kemasan untuk Produk yang Menarik

Jember, Ditjen Vokasi – Tahukah kamu bahwa dalam memperkenalkan sebuah produk kepada khalayak umum, kemasan produk menjadi hal yang penting. Mengapa demikian? 


Kemasan produk merupakan material yang dapat melindungi produk dari gangguan benda luar. Dengan adanya kemasan, sebuah produk dapat lebih terlindungi dari kerusakan karena faktor eksternal, seperti cahaya matahari, gesekan, dorongan, dan kotoran. Selain itu, mengapa kita tidak boleh menyepelekan kemasan produk. Hal ini dikarenakan kemasan dapat menjadi identitas produk yang bisa menarik perhatian konsumen.


Sebelum kita berbicara lebih jauh mengenai pilihan bahan kemasan yang tepat, kita perlu tahu dulu nih jenis-jenis kemasan agar kita bisa menentukan jenis kemasan apa yang pas untuk membungkus sebuah produk.


Menurut dosen Jurusan Teknologi Industri Pangan, Politeknik Negeri Jember (Polije), Syaiful Bahri, terdapat tiga jenis kemasan yang dapat membuat sebuah produk lebih menarik.


  1. Kemasan Primer

Kemasan primer ialah jenis kemasan yang bersentuhan langsung dengan produk.


“Mungkin kita sering melihat produk makanan ringan. Nah, plastik yang berkontak langsung dengan makanannya disebut kemasan primer,” ucap Syaiful.


  1. Kemasan Sekunder

Jenis kemasan kedua ialah kemasan sekunder. Kemasan ini merupakan jenis kemasan yang melindungi kemasan primer.  Kemasan sekunder tidak bisa bersentuhan langsung dengan produk.


“Kalau kemasan sekunder itu bisa dikatakan jenis kemasan perlindungan ganda karena produk sudah dilindungi dengan kemasan primer tapi masih dilindungi lagi dengan kemasan sekunder. Misalnya, produk teh celup. Teh celup biasanya sudah terbungkus kantong celup nya kan, tapi masih dibungkus lagi menggunakan kantong lagi,” ujar Syaiful.


  1. Kemasan Tersier

Selain kemasan primer dan sekunder juga terdapat kemasan tersier. Kemasan tersier merupakan lapisan terluar pada saat pengiriman barang. 


“Kemasan tersier ini berfungsi untuk menyimpan dan melindungi keamanan produk dalam jumlah besar. Kemasan ini itu membantu banget ketika produk dikirimkan ke luar. Contoh kemasan tersier itu kardus besar,” ucap Syaiful.


Itu dia tiga jenis kemasan yang bisa dipakai untuk melindungi produk usahamu. Selain memperhatikan rasa dan kualitas produk, kemasan produk juga tidak boleh lupa untuk diperhatikan karena dengan kemasan yang baik maka produk kita bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. (Aya/Cecep)