PENS Raih Juara II ‘The 8th UTU Award’

PENS Raih Juara II ‘The 8th UTU Award’

Surabaya, Ditjen Vokasi – Tim Smart Pump Energy-Solar (SPE-S) dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil meraih gelar Juara II dalam kategori perencanaan bisnis pada ajang The 8th UTU Award yang berlangsung di Universitas Teuku Umar (UTU) pada 4-5 November 2022 lalu. Tim yang beranggotakan Pinky Rahmawati, Muhammad Asroril Mubarok, dan Wahyu Prayogo, serta Lohdy Diana selaku dosen pembimbing ini menjadi satu-satunya politeknik yang meraih juara pada momen tersebut.

 

Alhasil, menginovasikan sebuah teknologi yang bergerak untuk pertanian Indonesia, Tim SPE-S mampu mengungguli delegasi perguruan tinggi lain. “Persiapan tim sangat baik, mulai dari tahap pengumpulan proposal hingga presentasi saat hari final,” ucap salah satu anggota tim, Wahyu Prayogo.

 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, babak final UTU Awards kali ini dilaksanakan secara luring. Hal ini membuat antusiasme peserta meningkat, tak terkecuali Tim SPE-S.

 

Wahyu mengungkapkan bahwa meskipun sempat gagal pada tahun 2020, namun tidak menyurutkan semangat Tim SPE-S. Dengan judul “Smart Pump Solar guna Memajukan Teknologi Pertanian Indonesia”, Tim SPE-S bersaing melawan kesepuluh finalis lain. Bahkan, menjadi satu-satunya politeknik pada kategori lomba perencanaan bisnis, tidak menjadi kendala untuk tim ini. Hal tersebut justru menjadi semangat baru untuk Tim SPE-S meraih posisi kemenangan.

 

Nyatanya, sistem yang ada dalam alat yang diciptakan tersebut mampu memberikan notifikasi kepada petani untuk menjalankan dan mematikan pompa. Usainya perlombaan ini juga diharapkan tidak menjadi akhir perjuangan Tim SPE-S dalam berinovasi.

 

Wahyu Prayogo berharap bahwa nantinya akan ada sebuah wadah yang mampu memberikan ruang untuk tim ini dalam mengembangkan inovasi sistem alat pompa air tersebut. “Butuh biaya yang besar untuk meningkatkan serta mengembangkan performa inovasi kita ini. Jadi, kami berharap ke depannya akan ada wadah yang siap mewadahi kami,” harapnya.

 

Sebagai informasi, UTU Awards merupakan kompetisi antarperguruan tinggi tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Teuku Umar (UTU) bagi mahasiswa tingkat sarjana/diploma empat seluruh Indonesia dan internasional untuk mengembangkan ide-ide kreatif melalui proyek, desain, dan produk dari berbagai latar belakang disiplin ilmu. (Diksi/PENS/AP)