Pekerjaan Lebih Efisien, Siswa SMKN 1 Kutalimbaru Membuat Lengan Robot Standar Industri

Pekerjaan Lebih Efisien, Siswa SMKN 1 Kutalimbaru Membuat Lengan Robot Standar Industri

Deli Serdang, Ditjen Vokasi – Perkembangan teknologi yang begitu cepat menuntut banyak pihak untuk segera beradaptasi dengan zaman yang serba canggih ini. Ada banyak manfaat yang diperoleh dari perkembangan teknologi, salah satunya ialah terciptanya alat-alat modern yang dapat membantu pekerjaan manusia. 


Pembuatan alat-alat modern tidak hanya bisa dilakukan oleh industri besar saja lo, tetapi siswa SMK pun juga bisa membuat berbagai alat canggih berteknologi tinggi. SMKN 1 Kutalimbaru, Deli Serdang, Sumatra Utara merupakan salah satu contoh SMK yang berhasil membuat berbagai alat modern. Ada banyak produk yang telah dihasilkan oleh siswa satu di antaranya adalah lengan robot.


Lengan robot merupakan komponen utama dari robot industri yang dirancang untuk meniru gerakan lengan manusia. Lengan robot terdiri dari beberapa ruas atau sendi yang dapat bergerak dengan bebas mirip seperti sendi pada lengan manusia.


Guru Jurusan Mekatronika, SMKN 1 Kutalimbaru, Rachmad Syahputra, menuturkan bahwa lengan robot biasa dipakai di dunia industri, seperti industri manufaktur, otomasi, perawatan medis, eksplorasi luar angkasa, dan lainnya. Alat ini memiliki berbagai fungsi yang bisa membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. 


“Penggunaan alat ini bisa meningkatkan kualitas produk dan meminimalisasi risiko kesalahan manusia. Lengan robot biasa digunakan untuk proses pengepakan, pengelasan, dan perakitan. Selain itu alat ini juga biasa dipakai untuk mengerjakan tugas-tugas yang sulit dijangkau seperti pengeboran,” ucap Putra, sapaan Rachmad Syahputra.


Lengan robot SMKN 1 Kutalimbaru dibuat oleh siswa Jurusan Mekatronika didampingi oleh guru pendamping. Terdapat tujuh tahap yang dilakukan untuk menghasilkan satu lengan robot. 



  1. Desain

Tahap ini merupakan proses perancangan lengan robot dengan mempertimbangkan kebutuhan aplikasi dan spesifikasi teknis. Desain lengan robot mencakup jumlah sendi, bahan, dan mekanisme penggerak.


  1. Pemilihan Bahan

Material yang digunakan dipilih berdasarkan kekuatan, kestabilan, dan bobot lengan robot.


“Kalau untuk pembuatan lengan robot biasanya bahan yang umum digunakan itu logam, seperti baja dan aluminium,” ucap siswa Jurusan Mekatronika, SMKN 1 Kutalimbaru, Ahmad Zhaki.


  1. Pembuatan Komponen

Komponen lengan robot seperti sendi, motor, dan aktuator diproduksi sesuai dengan spesifikasi desain menggunakan teknologi manufaktur seperti pemesinan CNC atan pencetakan 3D.


  1. Pengembangan Elektronik

Sirkuit elektronik dan sistem pengendalian diintegrasikan ke dalam lengan robot untuk menggerakan sendi dan mengendalikan pergerakan dengan akurasi.


  1. Pengujian

Setelah proses perakitan, lengan robot diuji terlebih dahulu untuk memastikan kinerjanya sesuai dengan harapan. Pengujian mencakup cek akurasi, kecepatan, dan stabilitas gerakan. 


  1. Perakitan Akhir

Setelah proses pengujian berhasil, lengan robot dirakit secara lengkap dan dipasang bersama dengan sistem pengendali.


Proses pembuatan yang memakan waktu kurang lebih satu minggu ini memberikan pengalaman yang baik untuk para siswa. Mereka bisa belajar mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan sekaligus berkreasi untuk menghasilkan inovasi baru.


“Ternyata banyak hal-hal yang didapatkan setelah kita membuat lengan robot ini. Kita tuh belajar ketelitian, soalnya kalau tidak teliti bisa rancu semuanya sehingga produk berpotensi gagal. Semoga ke depannya kita bisa membuat produk yang lebih lagi dan bisa segera dijual untuk masyarakat luas,” ucap Zhaki. 


Saat ini lengan robot SMKN 1 Kutalimbaru masih digunakan untuk media pembelajaran para siswa dan belum dijual untuk umum tetapi rencana ke depan, SMKN 1 Kutalimbaru akan memproduksi lengan robot secara massal untuk memenuhi kebutuhan pasar industri. (Aya/Cecep)