Mengenal Perawatan Rambut ala Maneka Salon Alumni LKP Sanita

Mengenal Perawatan Rambut ala Maneka Salon Alumni LKP Sanita

Trenggalek, Ditjen Vokasi - Tata kecantikan rambut (TKR) merupakan salah satu bidang keterampilan dalam vokasi, khususnya diajarkan di lembaga kursus dan pelatihan (LKP). Tren industri tentang kecantikan pun semakin meningkatkan minat banyak orang untuk memperdalam ilmu TKR tersebut. 


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Globe News Hire, pasar produk kecantikan rambut mengalami peningkatan yang signifikan dari 2017-2027 dengan memperkirakan mencapai angka 54,09 miliar dolar dan Indonesia menjadi salah satu target pasarnya. Artinya, kecantikan rambut akan menjadi salah satu tren kecantikan karena pasar dan peminatnya yang luas. 


Maka dari itu, dengan memerhatikan kesehatan dan kecantikan rambut juga menjadi poin penting untuk penampilan yang lebih baik. Lalu, apa saja ya perawatan rambut yang bisa dilakukan? Berikut adalah macam-macam perawatan rambut menurut pemilik Maneka Salon, Manting, alumni Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Sanita Trenggalek.


  1. Perawatan rambut rontok dan ketombe

Bagi kamu yang mengalami masalah rambut rontok dan ketombe, melakukan perawatan rambut bisa menjadi jawaban. Perawatan ini biasanya berupa creambath lalu diberikan serum-serum khusus ke kulit kepala sehingga membantu proses pertumbuhan rambut. Dengan perawatan kurang lebih dua minggu sekali, efek perawatan akan mulai terlihat dengan rambut yang lebih sehat.


  1. Perawatan keratin rambut

Keratin menjadi solusi bagi permasalah rambut yang kusut. Dengan perawatan keratin rambut akan terlihat lebih halus, kuat, dan berkilau. Menurut Manting, perawatan keratin rambut menjadi perawatan yang paling banyak dicari oleh pelanggan Maneka Salon.


  1. Perawatan detoks rambut

Kulit kepala serta rambut yang kotor dapat diatasi dengan perawatan detoks rambut. Terlebih bagi kamu yang sudah pernah melakukan proses kimia seperti pewarnaan rambut, smoothing, dan lain sebagainya. Maka, sebaiknya kamu melakukan detoks rambut. Dengan melakukan pembersihan secara menyeluruh dan diberikan krim khusus, rambut pun bisa kembali sehat. 


Selain perawatan rambut di atas, ada juga perawatan kecantikan rambut yang disebut dengan hair chemical treatment. Dengan menggunakan proses kimia yang aman, kamu bisa melakukan smoothing, pewarnaan rambut (hair color), blow, dan juga curly secara permanen. Saat ini, menurut Manting, tren kecantikan rambut adalah blow permanen yang membuat rambut tampak bervolume secara permanen. 


Manting sebagai pemilik Maneka Salon juga menambahkan bahwa kepercayaan masyarakat yang didapatnya tidak terlepas dari  pembelajarannya di tempat kursus. Hal ini mengindikasikan dua hal. Pertama, bagi wirausaha yang ingin membuka salon, maka mengikuti program pendidikan di LKP menjadi pilihan terbaik. Kedua, untuk masyarakat umum agar tidak ragu untuk mendukung salon hasil alumni LKP karena kualitas dan keterampilannya sudah teruji dengan uji kompetensi dan sertifikasi. (Zia/Nur Arifin)