Mengenal Berbagai Macam Mesin CNC di Polman Bandung

Mengenal Berbagai Macam Mesin CNC di Polman Bandung

Bandung, Ditjen Vokasi - Industri manufaktur memberikan kontribusi besar pada perekonomian sebuah negara, tetapi juga membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan terlatih. Untuk itulah, tenaga kerja tersebut harus dipersiapkan dengan matang. Salah satu caranya adalah dengan pelatihan dan pendidikan vokasi.


Politeknik Manufaktur (Polman) Bandung, sebagai perguruan tinggi vokasi di Indonesia berkomitmen menghadirkan lulusan yang dapat bersaing di industri manufaktur. Dengan melalui pembelajaran dan fasilitas yang disediakan, mahasiswa dapat belajar mengenai industri yang memiliki peluang kerja yang besar tersebut.


Menurut data Kementerian Perindustrian, serapan tenaga kerja di industri manufaktur mencapai 1,2 juta orang pada 2021 dan meningkat setiap tahunnya. Mahasiswa Polman Bandung memiliki kesempatan yang bagus untuk berkontribusi di industri tersebut. Langkah sederhananya ialah dengan memanfaatkan fasilitas mesin computer numerical control (CNC).


Ada apa saja ya mesin CNC di Polman Bandung sebagai sarana untuk pembelajaran dan pelatihan mahasiswanya? Berikut adalah penjelasannya menurut Jata Budiman selaku Ketua Jurusan Manufaktur, Polman Bandung.


  1. Mesin CNC Milling

Mesin CNC milling adalah mesin yang digunakan untuk memotong, membentuk, dan menghasilkan benda kerja dengan presisi tinggi menggunakan alat potong yang diputar pada kecepatan tinggi. 


Mesin CNC milling dapat digunakan untuk membuat berbagai bentuk dan ukuran benda kerja, dari komponen kecil hingga struktur besar. Mesin ini sering digunakan dalam industri otomotif, pesawat terbang, dan industri mesin. Terdapat empat unit mesin CNC milling di Polman Bandung. Beberapa contohnya adalah produk hasil program Matching Fund 2021 dan 2022. 


  1. Mesin CNC EDM Die Sinking 

Mesin CNC sinking adalah jenis mesin CNC yang digunakan untuk menghilangkan bahan material dengan bantuan elektroda yang terbuat dari bahan tembaga atau grafit. Proses ini juga dikenal dengan nama EDM (Electrical Discharge Machining) atau electro-erosion. Terdapat satu unit mesin ini di Polman Bandung.


Mesin CNC sinking biasanya digunakan untuk memproses material yang sangat keras dan sulit untuk diproses dengan metode konvensional seperti mesin bubut atau frais. Proses ini sangat akurat dan mampu memproses material dalam berbagai bentuk dan ukuran yang kompleks.


  1. Mesin CNC Turning

Mesin CNC turning digunakan untuk memotong dan membentuk benda kerja dengan cara memutar benda kerja pada porosnya dan memotong dengan pisau potong yang dikontrol oleh program komputer. Mesin CNC turning sering digunakan dalam pembuatan komponen mesin, seperti poros, baut, dan roda gigi.


  1. Mesin CNC EDM Wire Cutting

Terdapat mesin CNC EDM lainnya di Polman Bandung. Kali ini berjenis wire cutting dengan jumlah satu unit. 


Mesin CNC EDM wire cutting mampu memotong material dengan kecepatan yang relatif tinggi. Dengan begitu, mesin ini memungkinkan untuk memotong sejumlah besar material dalam waktu yang singkat. Proses ini juga dapat menghasilkan permukaan yang halus dan akurat dengan ketebalan lapisan yang sangat tipis.


  1. Mesin CNC Turn-mill

Di Polman Bandung juga terdapat mesin CNC turn-mill. Mesin ini menggabungkan kemampuan mesin bubut (lathe) dan mesin frais (mill) dalam satu mesin. Mesin turn-mill digunakan untuk memproses bahan material dengan cara memotong dan memutar bahan secara bersamaan.


  1. Mesin CNC Laser Cutting

Terakhir, terdapat satu unit CNC laser cutting untuk pembelajaran mahasiswa di Polman Bandung. Seperti namanya, mesin CNC  laser cutting digunakan untuk memotong dan membentuk benda kerja dengan menggunakan sinar laser yang sangat kuat. Mesin ini sering digunakan dalam industri manufaktur, seperti pembuatan produk elektronik, kertas, dan kain.


Itulah beberapa produk mesin CNC yang ada di Polman Bandung. Sangat lengkap bukan? Mesin CNC tersebut merupakan bukti dari hasil kerja sama dengan industri serta inovasi yang dikembangkan oleh para dosen dan mahasiswa Polman Bandung. 


Tidak hanya untuk pembelajaran mahasiswanya, bengkel manufaktur Polman Bandung pun seringkali menerima pelatihan dan kunjungan untuk politeknik lain dan juga guru serta siswa SMK. (Zia/Cecep)