Makanan Viral, Ini Tip Cara Membuat Moci yang Enak

Makanan Viral, Ini Tip Cara Membuat Moci yang Enak

Sukabumi, Ditjen Vokasi – Di sini siapa sih yang tidak tahu makanan moci? Makanan yang memiliki tekstur kenyal akhir-akhir ini sedang banyak dicari oleh konsumen. 


Viralnya makanan moci beberapa waktu terakhir ini membuat sebagian orang menjadikan moci sebagai ladang bisnis yang baru. Apabila kita tarik ke belakang sebenarnya moci merupakan salah satu makanan khas dari Sukabumi yang biasa dijadikan buah tangan. Bentuknya yang lucu dan rasanya yang enak membuat moci banyak disukai oleh berbagai kalangan, baik anak-anak hingga dewasa.


Apabila ingat, mungkin moci yang biasa kita makan isinya hanya kacang dan diberi taburan biji wijen. Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi dan pola pikir membuat para penjual memutar otak untuk berinovasi agar moci buatannya tetap digemari.


Saat ini kita sering temui para penjual yang menjual moci dengan beraneka ragam rasa. Saking penasarannya dengan rasa moci yang terbaru, kita bahkan rela untuk pergi jauh ataupun sekadar menggunakan “jastip” untuk mendapatkan produk makanan ini. Eits tenang, buat kalian yang tidak ingin buang tenaga, tetapi bisa makan moci kalian bisa lo buat sendiri di rumah. Mustika Fajar, alumnus SMKN 1 Cibadak tahun 2013 sekaligus pengusaha sukses di bidang moci akan memberikan tip membuat moci yang sederhana dan pastinya enak. Untuk membuat moci yang enak kalian perlu menggunakan tepung ketan yang baik.


“Sebisa mungkin gunakan tepung ketan yang bagus atau tidak bau apek lah. Tepung ketan ini ibarat pondasi awal dari moci. Saat tepungnya bau apek itu akan berpengaruh dengan cita rasa yang bisa berpengaruh pada selera. Tepung ketan yang baik akan mempengaruhi tingkat kelembutan dari moci,” ucap Mustika.


Setelah kita memilih tepung ketan dengan kualitas baik, hal kedua yang harus kita perhatikan adalah pembuatan adonan kue moci. Untuk membuat moci kita harus menyiapkan bahan kering dan bahan cair berupa susu atau air. Campurkan susu atau air secara perlahan untuk menghindari terjadinya gumpalan pada adonan. Dalam membuat adonan disarankan untuk menggunakan tangan yang telah dilapisi oleh sarung tangan plastik. Pastikan adonan yang kita buat tadi telah kalis.


“Adonan yang kalis ini akan membantu kita menghasilkan moci yang lembut dan clean, setelah kukus adonan moci di atas wadah yang tahan panas. Ngukus-nya tidak perlu terlalu lama cukup 15 menit saja” ucap Mustika.


Selesai dikukus kalian bisa memberikan isian pada kue moci sesuai selera yang diinginkan. Setelah moci diberi isian kemudian beri lapisan menggunakan tepung maizena pada moci tersebut.


“Perlu diingat pengisian ini perlu dilakukan saat adonan moci masih dalam keadaan hangat, tujuannya adalah agar saat memasukkan isi itu mudah dan gampang dibentuk. Selepas itu kalian bisa menggulung serta memberinya lapisan lagi dan moci siap untuk dihidangkan,” tutur Mustika.


Nah, itu dia tip membuat moci yang sederhana tapi enak rasanya. Mudah bukan, selain bisa lebih hemat biaya kalian juga bisa lebih hemat waktu. Selamat mencoba. (Aya/Cecep)