Lolos IISMAVO, 13 Mahasiswa Polibatam akan Magang Internasional

Lolos IISMAVO, 13 Mahasiswa Polibatam akan Magang Internasional

Batam, Ditjen Diksi -- Mahasiswa Kampus Politeknik Negeri Batam (Polibatam) diketahui telah lolos program IISMAVO (Indonesian International Student Mobility Awards for Vocational Students) Tahun 2022. Program ini bertujuan untuk mendekatkan dunia pendidikan vokasi di Indonesia dengan dunia industri internasional. Alhasil, prestasi apik ini bakal membuat mahasiswa merasakan pengalaman magang internasional yang mereka tuju, yaitu Taiwan, UK, Australia, Jerman, Irlandia, dan Malaysia.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim berharap, mahasiswa vokasi yang mengikuti program ini memiliki pengalaman belajar di dalam lingkungan kampus yang berkaitan erat dengan industri. Pemerintah akan memfasilitasi mobilitas mahasiswa vokasi ke perguruan tinggi terkemuka di luar negeri, sehingga dapat melompat ke masa depan dengan membuktikan peran yang lebih besar, yang bermakna dalam mengatasi isu-isu global.

“Hari ini adalah salah satu hari yang paling bersejarah dalam dunia pendidikan di Indonesia. Pada hari ini kita akan meluncurkan program pertama yang mendanai mahasiswa vokasi untuk belajar di kampus kelas dunia yaitu IISMA Edisi Vokasi,” terang Nadiem.

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Kemendikbudristek, Beny Bandanadjaja menjelaskan, program IISMA Edisi Vokasi terbuka bagi semua mahasiswa vokasi D-3 maupun D-4 (sarjana terapan) dari perguruan tinggi negeri atau swasta di Indonesia. Saat ini lebih dari 100 perguruan tinggi vokasi di Indonesia yang telah siap mendaftarkan mahasiswanya untuk bergabung ke program IISMA Edisi Vokasi.

Kegiatan IISMAVO ini telah berlangsung dari bulan April 2022. Adapun prosesnya mencakup sosialisasi, pembukaan pendaftaran, pengumpulan berkas, hingga melewati beberapa tes. Dari ribuan pendaftar, termasuk mahasiswa/mahasiswi Polibatam juga banyak yang mendaftar, telah terpilih 13 perwakilan Polibatam untuk mengikuti tahapan selanjutnya. 13 Mahasiswa Polibatam ini memiliki tujuan bervariasi mulai dari Taiwan, UK, Australia, Jerman, Irlandia, dan Malaysia.

Kegiatan selanjutnya adalah mengikuti international outbound mobility selama 1 semester di luar negeri dengan kegiatan pembelajarannya berorientasi langsung dengan industri dalam setahun full time internship, kombinasi magang dan kelas, serta full sit-in di kelas dengan pembelajaran berbasis industri.

Selamat kepada para peserta yang lolos! (Diksi/RP/AP/NA)