Kreativitas Mahasiswa Polindra, Ciptakan Mesin Ice Cream

Kreativitas Mahasiswa Polindra, Ciptakan Mesin Ice Cream

Indramayu, Ditjen Vokasi - Mahasiswa dari Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) berhasil menciptakan mesin pembuatan ice cream corn. Nantinya, mesin pembuatan ice cream ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, utamanya untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).


Pembuatan mesin ice cream ini dilakukan oleh Diar Rizqi, mahasiswa tingkat akhir semester 6 Jurusan Teknik Program Studi Teknik Pendingin dan Tata Udara, Polindra. Pembuatan mesin ice cream corn ini merupakan bagian dari tugas akhir yang Diar lakukan bersama timnya.


Diar Rizqi mengatakan, proses pembuatan mesin ice cream ini sudah dilakukan selama dua bulan dan ditargetkan akan selesai pada akhir Juli 2024 ini. 


“Kami tetap optimis bahwa mesin ini bisa diselesaikan sesuai target yang ditentukan, yaitu akhir Juli 2024,” kata Diar.

Dalam proses pembuatan mesin, Diar dan timnya menghadapi beberapa kendala teknis. Salah satu tantangan utama adalah pada bagian katup ekspansi. 


“Jadi dampaknya pengisian seringkali tidak tepat, kadang kelebihan dan kadang kekurangan,” kata Diar.


Selain itu, Diar dan timnya juga mengalami kesulitan dengan kurangnya pipa excavator yang diperlukan untuk menyelesaikan mesin tersebut.


Sementara itu, rekan tim Diar lainnya, Ridwan Maulana berharap Diar dan timnya tetap semangat optimis bahwa mesin ini bisa selesai sebelum target waktu yang ditentukan. 


“Diharapkan mesin ice cream corn ini dapat berfungsi dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” tambah Ridwan.



Proyek ini merupakan salah satu bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras mahasiswa Politeknik Negeri Indramayu dalam mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari.

Dengan semangat dan kerja keras yang telah ditunjukkan oleh Diar dan timnya, tidak diragukan lagi bahwa mereka akan mencapai target untuk menyelesaikan tugas akhir dalam membuat mesin Ice Cream Corn tepat waktu sebagai salah satu persyaratan kelulusan mahasiswa Polindra. (Polindra/Nan/Cecep)