Kenali Profesi Ground Staff Bandara, Inilah Keterampilan Dasar yang Harus Dimiliki
Sorong, Ditjen Vokasi - Kursus dan pelatihan tidak hanya mempersiapkan tenaga kerja di bidang populer seperti tata busana atau barista, tetapi juga di bidang penerbangan. Dengan terjun ke pendidikan vokasi di lembaga kursus dan pelatihan (LKP), seseorang dapat menjadi staf penerbangan yang profesional. Salah satu bagian dari staf penerbangan adalah Ground Staff.
LKP yang berperan dalam menghadirkan tenaga kerja di bidang Ground Staff adalah LKP Papua Terdepan Aviation & Hospitality, Sorong, Papua Barat Daya. LKP tersebut pun rutin menjadi penyelenggara program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dari Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Dermawan sebagai pemimpin LKP Papua Terdepan Aviation & Hospitality menjelaskan bahwa Ground Staff adalah seseorang yang bekerja di bandara dan bertanggung jawab untuk menjalankan berbagai tugas yang berkaitan dengan operasi di darat. Peran mereka sangat penting untuk memastikan bahwa semua proses di bandara berjalan dengan lancar, mulai dari saat penumpang tiba hingga keberangkatan pesawat.
“Untuk menjadi seorang Ground Staff yang kompeten dibutuhkan sejumlah keterampilan yang mencakup berbagai aspek. Keterampilan tersebut dapat dilatih oleh LKP yang bekerja sama dengan industri sehingga ketika peserta sudah lulus bisa langsung terserap kerja,” ungkap Dermawan.
Menurut Dermawan, ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang Ground Staff. Berikut adalah penjelasannya.
Pelayanan Penumpang (Passenger Handling)
Karena bertugas di bandara, Ground Staff memiliki peran langsung dalam melakukan pelayanan penumpang. Maka dari itu, keterampilan yang terpenting adalah mampu berkomunikasi dengan baik dan memberikan bantuan kepada penumpang yang membutuhkan.
Penanganan Bagasi dan Kargo
Ground Staff bertanggung jawab untuk penanganan bagasi. Mereka harus memastikan bahwa bagasi penumpang sampai dengan aman dan tepat waktu. Ground Staff harus memiliki pengetahuan tentang sistem penyortiran bagasi. Soft skills yang harus terlatih juga adalah pemecahan masalah. Jika terjadi hal yang tak diinginkan saat penanganan bagasi dan kargo, maka Ground Staff harus cekatan dalam meleraikan masalah.
Pelayanan Check In dan Boarding
Ground Staff di bandara pun berperan dalam pelayanan check in dan boarding. Untuk itu, keterampilan yang harus dimiliki adalah pengetahuan tentang hal tersebut. Mereka pun harus memberikan pelayanan yang ramah dan membantu penumpang untuk menyelesaikan prosedur check in dengan efisien.
Itulah beberapa keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang Ground Staff. Dengan kombinasi keterampilan ini, Ground Staff dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik dan memberikan pengalaman yang positif bagi penumpang. (Zia/Cecep)