Kenali Kesehatan Mental, Ini Dia Tip Menjaga Kesehatan Mentalmu

Kenali Kesehatan Mental, Ini Dia Tip Menjaga Kesehatan Mentalmu

Jakarta, Ditjen Vokasi – Mungkin akhir-akhir ini kalian sering mendengar istilah kesehatan mental. Istilah yang biasa dikenal dengan mental health ini sedang mencuri perhatian publik terlebih setelah kasus bunuh diri banyak terjadi.


Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan kesehatan mental. Kesehatan mental merupakan kondisi di mana individu memiliki kesejahteraan dalam dirinya sehingga mampu mengenali potensi sendiri, mampu mengatasi tekanan hidup, mampu bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta mampu memberikan kontribusi pada komunitasnya.


Kesehatan mental merupakan aspek penting dalam mewujudkan kesehatan secara menyeluruh. Pada saat dunia dilanda pandemi Covid-19 isu kesehatan mental semakin gencar. Tidak hanya orang tua saja yang menderita kesehatan mental, kasus kesehatan mental pun banyak terjadi para remaja.


Berdasarkan data dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak per Juni 2020 disebutkan bahwa lebih dari 3.200 atau sekitar 13% anak SD hingga SMA/SMK di 34 provinsi di Indonesia mengalami gejala yang mengarah pada gangguan depresi ringan hingga berat.


Ada banyak faktor yang menjadi pemicu kesehatan seseorang menurun seperti faktor genetik, faktor biologis, penggunaan media sosial yang salah, trauma masa lalu, dan masih banyak lagi faktor lainnya. Kalian harus peka dengan diri kalian sendiri supaya kesehatan mentalmu tetap terjaga. 


Sebagai upaya untuk memberikan edukasi terkait kesehatan mental khususnya untuk para remaja. Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi membuat kegiatan Gerakan Sekolah Sehat Menyapa SMK dengan tema Sehat Mental. Salah satu narasumber yang didatangkan ialah Nova Riyanti Yusuf (Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia). Kali ini Nova akan memberikan tip buatmu terkait cara menjaga kesehatan mental.


  1. Sleep Hygiene

Pola tidur sehat sangat penting untuk diperhatikan. Sebelum tidur sebaiknya kalian relaksasi dengan tidak melakukan aktivitas, seperti membuka media sosial karena hal tersebut dapat menimbulkan pikiran yang berlebih. Hindari minum kopi, merokok sebelum tidur, serta membatasi aktivitas di tempat tidur.


  1. Olahraga

Dengan olahraga otot-otot akan dilatih supaya menjadi kuat dan besar. Olahraga dapat meningkatkan suasana hati dengan menurunkan kadar hormon stres dan meningkatkan produksi hormon endorfin yang akan membuat kalian merasa senang.


  1. Keterampilan Mengatur Problem Solving

Problem solving ialah kemampuan dalam mengidentifikasi masalah serta menemukan solusi yang efektif untuk mengatasinya. Nah, kemampuan mengatur problem solving dapat dilatih dengan memperbanyak pengetahuan, mengubah pola pikir, latihan menyelesaikan masalah, menggunakan metode mind mapping, dan melatih komunikasi.

 

  1. Belajar Mengelola Emosi

Marah adalah suatu hal yang wajar dialami oleh setiap orang. Kewajiban kita adalah mengontrol rasa amarah yang timbul dalam diri supaya tidak berlebih sehingga tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol emosi seperti menenangkan diri dengan bermeditasi, mengingat hal-hal yang disyukuri atau yang membangkitkan perasaan positif dengan journalings, dan meningkatkan rasa terhubung dengan orang lain.


Nah, itu dia tip yang bisa kalian terapkan untuk meningkatkan kesehatan mental kalian. Mental yang sehat akan membuat pikiran menjadi positif sehingga tubuh akan berfungsi dengan baik secara emosional, psikologis, sosial, dan akan mempengaruhi cara berpikir, merasakan, serta berperilaku. Yuk, jaga kesehatan mentalmu. Ingat diri kalian sangat berharga untuk dunia. (Aya/Cecep Somantri)