Kabar Gembira, Pendaftaran Program SMK Pusat Keunggulan Tahap II Tahun 2024 Dibuka

Kabar Gembira, Pendaftaran Program SMK Pusat Keunggulan Tahap II Tahun 2024 Dibuka

Jakarta, Ditjen Vokasi – Program SMK Pusat Keunggulan (PK) merupakan wujud nyata dari upaya transformasi pendidikan vokasi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). 


Program yang telah dilaksanakan sejak tahun 2021 ini tetap diteruskan di tahun 2024. Dalam Webinar Sosialisasi dan Pendaftaran Program SMK Pusat Keunggulan Tahun 2024 Tahap II yang dilaksanakan melalui kanal YouTube Direktorat SMK (02-04-2024), Plt. Direktur SMK, Wardani Sugiyanto, menuturkan bahwa transformasi SMK PK merupakan pengembangan ketajaman dari revitalisasi SMK. Program SMK PK berfokus pada pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu yang diperkuat dengan kemitraan, penyelarasan dengan DUDI. 


SMK PK ini sebagai langkah untuk melaksanakan transformasi SMK sehingga bisa mewujudkan pendidikan vokasi yang berkualitas terutama untuk mendorong perekonomian Indonesia. Lulusan SMK yang produktif dan relevan dapat dibentuk melalui upaya yang sungguh-sungguh dan konsisten membangun keselarasan pendidikan vokasi dengan perkembangan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).


Program SMK PK menyasar tiga aspek, yakni kepemimpinan sekolah, kerja sama dan keselarasan dengan dunia kerja, dan keterserapan lulusan. Peningkatan tiga aspek tersebut akan menghasilkan SMK yang menjadi pusat pembelajaran bagi SMK lain dengan program keahlian yang sama. 

 

“Diharapkan lulusannya bisa benar-benar menjadi pelajar berkarakter Pancasila, bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan studi. Kerja sama yang baik menjadikan SMK semakin berkualitas sehingga bisa menjadi mercusuar kinerja,” ucap Wardani.


Program SMK PK berfokus pada pengembangan dan peningkatan kinerja SMK dan peningkatan mutu SMK ditandai dengan penguasaan kompetensi keahlian tertentu yang relevan dengan kebutuhan kerja. Relevansi ini dibangun melalui kemitraan yang bermakna serta penyelarasan dengan dunia kerja. Pendaftaran SMK PK Tahun 2024 Tahap II ini dikhususkan untuk SMK PK Skema Pemadanan Dukungan (SPD).


“Tujuan akhirnya adalah kita ingin membangun SMK sebagai pelaksana pendidikan di bidang kejuruan dalam tingkat menengah yang nantinya menjadi rujukan kemudian melakukan pengimbasan kepada SMK-SMK lain,” ucap Wardani.



Sementara itu, Ketua Tim Kerja Transformasi SMK sebagai Pusat Keunggulan, Pipin Dwi Nugrahaeni, menyampaikan bahwa program SMK PK SPD telah diperkenalkan sejak tahun 2022. SMK di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Oleh karena itu, pendaftaran SMK PK dibuka kembali untuk SMK yang belum menjadi pelaksana program SMK PK SPD. 


“Hasil perubahan ini semoga SMK pelaksana SMK PK dapat menerapkan pembelajaran dengan teaching factory (Tefa). SMK dapat memiliki Tefa yang aktif memproduksi hingga memiliki pusat keuangan yang fleksibel dan menjadi pusat pembelajaran. Harapan akhirnya sekolah bisa meluluskan siswa yang berkarakter Pancasila hingga bisa bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan,” ucap Pipin.


Sebagai informasi, pendaftaran program SMK Pusat Keunggulan Tahun 2024 Tahap II dibuka pada tanggal 3 s.d. 26 April 2024. (Aya/Cecep)