Jarang Diketahui, Ini Dia Lima Rahasia dalam Kuliner yang Perlu Kamu Tahu Menurut SMK Konsentrasi Keahlian Tata Boga

Jarang Diketahui, Ini Dia Lima Rahasia dalam Kuliner yang Perlu Kamu Tahu Menurut SMK Konsentrasi Keahlian Tata Boga

Bima, Ditjen Vokasi – Dalam dunia kuliner yang penuh dengan inovasi dan kreasi, ada beberapa rahasia yang jarang diketahui oleh banyak orang, tetapi memiliki dampak besar terhadap cita rasa dan presentasi makanan. 


Berikut ini Yayu Mardianingsih, guru Konsentrasi Keahlian Tata Boga, SMKN 3 Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan membagikan informasi terkait lima rahasia yang dapat membuat hidangan kamu naik level. 


  1. Menambahkan Gula ke Saus Tomat untuk Menyeimbangkan Keasaman

Saus tomat sering kali memiliki rasa asam yang kuat. Menambahkan sedikit gula dapat menyeimbangkan keasaman dan meningkatkan rasa. Tambahkan satu sendok teh gula ke dalam saus tomat saat dimasak dan sesuaikan sesuai selera.


  1. Menggunakan Kulit Jeruk untuk Memberikan Aroma Segar

Kulit jeruk mengandung minyak esensial yang bisa memberikan aroma segar pada berbagai hidangan, baik manis maupun gurih. Parut sedikit kulit jeruk lemon, jeruk, atau limau ke dalam adonan kue, saus salad, atau hidangan daging untuk aroma yang segar dan khas.


  1. Menyimpan Daun Bawang di Freezer untuk Ketahanan Lebih Lama

Daun bawang sering kali cepat layu jika disimpan di kulkas. Akan tetapi, menyimpan daun bawang di dalam freezer dapat memperpanjang masa pakai. Cuci dan keringkan daun bawang, iris-iris, lalu simpan dalam wadah atau kantong plastik di freezer. Gunakan langsung dari freezer saat memasak.


  1. Menambahkan Sedikit Garam ke dalam Kopi untuk Mengurangi Kepahitan

Menambahkan sejumput garam ke dalam kopi dapat mengurangi kepahitan dan meningkatkan rasa kopi. Tambahkan sejumput garam ke dalam bubuk kopi sebelum diseduh atau langsung ke dalam cangkir kopi yang sudah jadi.


  1. Menggunakan Kentang untuk Menyerap Garam Berlebih

Jika sup atau rebusan terlalu asin, menambahkan potongan kentang dapat membantu menyerap sebagian kelebihan garam. Masukkan beberapa potongan kentang ke dalam sup atau rebusan yang terlalu asin dan biarkan mendidih selama beberapa menit, kemudian angkat kentangnya.


Itu dia lima rahasia dalam bidang kuliner yang perlu kamu ketahui. Tentunya masih banyak rahasia-rahasia lain dalam bidang kuliner yang akan membuat masakanmu menjadi lebih lezat. Semoga informasi ini bermanfaat. (Aya/Cecep)



Sumber foto: Freepik