Ini Sutan, Suplemen Kesehatan Hewan Karya Mahasiswa Vokasi IPB!

Ini Sutan, Suplemen Kesehatan Hewan Karya Mahasiswa Vokasi IPB!

Jakarta, Ditjen Diksi -- Ide pembuatan Sutan digagas pertama kali oleh Ivan Taufiq Nugraha, mahasiswa Program Studi Paramedik Veteriner Sekolah Vokasi IPB bersama rekannya, Agnisa Yasfa Azzahra. Awalnya, Ivan tertarik untuk memanfaatkan limbah ikan tongkol yang banyak dibuang di pasar tradisional.

 

"Padahal sayang sekali kalau dibuang, banyak sekali kandungan mineral dan vitamin dalam tulang ikan itu seperti kalsium. Jadi, sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan dengan baik limbah ikan tongkol ini," kata Ivan saat dihubungi beberapa waktu lalu.

 

Ivan kemudian terpikir membuat suplemen untuk hewan dengan memanfaatkan limbah ikan tongkol tersebut. Apalagi, selama ini ikan tongkol memang dikenal sebagai salah satu makanan kucing.

 

Guna mengembangkan ide tersebut, Ivan kemudian menggandeng sejumlah rekan lainnnya yang berbeda jurusan, di antaranya Gilang Ramadhan (Program Studi Analisis Kimia), Tasya Cantika Dwi Destari (Program Studi Manajemen Agribisnis), dan Aulia Izahra Adil Maulidia (Program Studi Analisis Kimia).

 

Setelah melalui serangkaian proses panjang untuk mengembangkan produk Sutan, termasuk metode coba-coba demi menyempurnakan produk akhir, suplemen untuk hewan kesayangan ini akhirnya bisa diterima baik oleh masyarakat bahkan banyak digemari masyarakat.

 

Suplemen yang dibuat dari gabungan ikan tongkol dan kunyit ini memang memiliki banyak manfaat untuk kucing dan anjing, mulai dari meningkatkan nafsu makan, mempercepat proses pertumbuhan, mengurangi infeksi, kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, hingga menyehatkan kulit dan bulu kucing.

 

Adapun produk suplemen Sutan ini dikemas dalam dua kemasan botol, yakni isi 30 dan 60 butir suplemen. Masing-masing kemasan dijual Rp30.000,00 dan Rp50.000,00. Harga itu cukup terjangkau oleh masyarakat, khususnya pencinta anjing dan kucing. Bahkan, orderan suplemen hewan kesayangan ini sudah mencapai ratusan produk.

 

Oh ya, produk yang mulai digagas sejak akhir tahun 2020 ini tidak hanya berhasil menarik hati para pecinta anjing maupun kucing saja, lho. Produk tersebut juga berhasil meraih sejumlah penghargaan. Salah satu yang terbaru, produk ini berhasil menjuarai Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2021 yang diselenggarakan di Kampus Universitas Sumatera Utara (USU). Sutan menang sebagai juara pertama untuk Kategori Presentasi PKM Kewirausahaan. (Diksi/Nan/AP/NA)