Ini Pilihan Skema dan Kampus dalam  IISMA  Edisi Vokasi!

Ini Pilihan Skema dan Kampus dalam IISMA Edisi Vokasi!

Jakarta, Ditjen Diksi -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) telah meluncurkan Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Edisi Vokasi pada 14 April 2022 lalu. Hingga saat ini, proses pendaftaran program ini masih dibuka untuk para mahasiswa vokasi  seluruh Indonesia.

 

Sebagai bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), IISMA Edisi Vokasi yang didukung bantuan pendanaan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini akan memfasilitasi mobilitas internasional mahasiswa vokasi ke 46 perguruan tinggi terkemuka di berbagai belahan dunia.

 

 Melalui tiga skema pilihan yang ditawarkan, para penerima beasiswa atau awardee bisa belajar sekaligus menjalani magang di perusahaan mitra perguruan tinggi tujuan. Itu artinya, para awardee tidak hanya memperoleh kesempatan untuk belajar selama satu semester di kampus tujuan, tapi juga bisa magang di industri-industri mitra kampus. Sehingga, nantinya mereka siap berperan di kancah global dan memperluas jaringan atau networking.

 

Beberapa perguruan tinggi luar negeri memang menyiapkan tiga skema sekaligus. Tetapi, ada beberapa yang hanya bisa untuk salah satunya. Lalu, apa saja sebenarnya pilihan skema tersebut, dan perguruan tinggi mana saja yang bisa menjadi pilihan ? Berikut skemanya:

 

1. Skema A

Jika kamu milih skema A, maka  kamu akan fokus untuk menjalani magang di industri. Skema ini akan memungkinkan mahasiswa untuk melakukan magang di industri yang menjadi mitra dari perguruan tinggi luar negeri (PTLN).

 

Tidak semua perguruan tinggi luar negeri menyelenggarakan skema ini. Akan tetapi, jika kamu ingin memilih skema ini, ada beberapa kampus yang bisa menjadi tujuan, seperti Coventry University (UK), Asia University (Taiwan), University of Nottingham (UK), Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, dan Universiti Malaysia Pahang.

 

2. Skema B

Awardee yang memilih skema ini dapat menjalani magang, di samping menjalani kuliah dengan pembagian waktu yang seimbang. Skema ini cukup menarik bagi yang ingin menambah atau memperbarui ilmu, tetapi tetap bisa merasakan suasana magang industri di luar negeri.

 

    Beberapa  perguruan tinggi di luar negeri yang menyelenggarakan skema ini, di antaranya Swinburne University of Technology (Australia) Ming Chi University of Technology (Taiwan), University of Nottingham dan University of Portsmouth (UK), Lincoln Welding School (United States) IU International University of Applied Sciences (Jerman), dan Kangwon National University (Korea).

 

3. Skema C

         Pilihan skema ini memfokuskan mahasiswa untuk menjalani kuliah saja. Akan tetapi, tentu dengan materi yang terkait erat dengan dunia industri. Mana saja kampus pilihannya? Di Korea Selatan ada Woosong University, Osnabruck University of Applied Sciences (Jerman), National University of Ireland - Galway - Shannon College of Hotel Management (Irlandia), National Taiwan Normal University (Taiwan),  Deakin University (Australia), dan Teesside University (Inggris). (Diksi/Nan/AP/NA)