Ini Lho Tips Memilih SMK!

Jakarta, Ditjen Diksi -- Jenjang pendidikan menengah menjadi tahap krusial bagi seseorang. Pengetahuan, sikap, dan keterampilan anak-anak muda yang didapat lewat pendidikan menengah ini dirasa cukup penting untuk masa depan mereka. 

 

Tetapi, urusan memilih sekolah menengah ini kerap tidak mudah. Pasalnya, perlu berbagai pertimbangan yang matang, mulai dari pilihan sekolah menengah yang sifatnya umum atau yang kejuruan, prospek sekolah di masa depan, hingga biayanya.

 

 

Terlebih, mahalnya biaya pendidikan saat ini kerap membuat para orang tua harus memutar otak untuk menyiasatinya. Pilihan sekolah yang bisa mempersiapkan siswa didiknya untuk langsung bekerja, terkadang menjadi pertimbangan tersendiri bagi orang tua ataupun siswa saat memilih sekolah, selain biaya sekolah dan kualitas pendidikan. Salah satunya adalah saat memilih sekolah menengah kejuruan (SMK).

 

Tak seperti beberapa hingga puluhan tahun lalu, SMK kini kian diminati. Bahkan, hasil survei Kemendikbudristek bersama Markplus Inc menunjukkan, 82 persen masyarakat tertarik dengan SMK. 

 

Akan tetapi, pilihan SMK juga beragam. Setidaknya ada lebih dari 14.000 SMK di seluruh Indonesia dengan 49 pilihan program studi dan 146 kompetensi. Agar tak bingung, berikut tips memilih SMK yang sesuai kamu banget : 

 

 

Tentukan Jurusan yang Benar-benar Diinginkan

 

Jurusan akan menentukan bidang atau kompetensi apa yang akan dipelajari. Jadi, sebaiknya pikirkan baik-baik jurusan yang akan diambil, jangan sampai salah jurusan. Untuk menentukannya, mulailah dengan mengenali passion kalian. Misalnya saja, jika passion kalian memasak, maka tidak ada salahnya untuk memilih SMK jurusan tata boga. 

 

 

 

 Cari Informasi SMK Terbaik di Jurusan Tersebut 

 

Saat ini terdapat banyak cara untuk menggali informasi tentang sekolah yang kamu incar. Harus diingat, ada banyak sekolah dengan jurusan yang sama seperti yang kamu inginkan. Jadi, risetlah sekolah dengan jurusan terbaik yang kamu inginkan. Misalnya dari fasilitas-fasilitas pendukung pada jurusan yang kamu inginkan di sekolah tersebut, industri mana saja yang sudah bekerja sama maupun program-program yang ada. 

 

Buat Catatan Kelebihan dan Kekurangan

 

 

Jika sudah riset dan memiliki beberapa pilihan SMK, maka penting untuk kemudian membuat catatan sebelum menentukan SMK mana yang akan dipilih. Bandingkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sekolah pilihan kamu itu, ya. Ingat, kamu akan bersekolah selama tiga tahun. Jadi, pastikan semuanya sudah penuh pertimbangan matang, semisal menyoal biaya dan jarak sekolah dengan rumah. 

 

 Minta Pertimbangan Orang Tua atau Guru

 

Sebelum memutuskan pilihan sekolah, ada baiknya kamu berdiskusi dengan orang tuamu. Selain orang tua, bisa juga berkonsultasi dengan guru di SMP. Guru SMP tentunya sudah bisa melihat kecenderungan bakat kalian semasa sekolah, sehingga masukannya bisa menjadi pertimbangan saat memilih sekolah lanjutan. (Diksi/Nan/AP/NA)