Ingin Menjadi Penari? Ini Dia 5 Materi yang Dipelajari di SMK Jurusan Seni Tari

Ingin Menjadi Penari? Ini Dia 5 Materi yang Dipelajari di SMK Jurusan Seni Tari

Surabaya, Ditjen Vokasi – Dewasa ini perkembangan industri terjadi begitu cepat. Seluruh sektor industri baik industri manufaktur hingga industri ekonomi kreatif mengalami peningkatan yang signifikan. 


Bagi pelaku ekonomi kreatif, perkembangan ini adalah kabar yang menggembirakan. Oleh karena itu, untuk menghadapi perkembangan ini diperlukan sumber daya yang benar-benar memadai dan memiliki kapasitas bagus di bidang ini. 


Industri ekonomi kreatif memiliki berbagai cabang mulai dari pariwisata, kuliner, hingga seni pertunjukan. Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki beragam kebudayaan khususnya seni tradisi. Potensi ini memiliki nilai jual tersendiri untuk para wisatawan baik lokal ataupun mancanegara. 


Salah satu jenis seni tradisi yang disukai oleh wisatawan ialah seni tari. Indahnya beragam tarian dari Indonesia membuat siapa pun yang melihat menjadi terpesona. Tidak heran jika seniman-seniman Indonesia mendapatkan banyak tawaran untuk menggelar seni pertunjukan di luar negeri. Untuk mempertahankan seni tari tradisi ini tentunya dibutuhkan sumber daya yang benar-benar berkompeten di bidang ini. SMK dengan Jurusan Seni tari menjadi salah satu wadah yang ikut mencetak SDM di bidang seni tari. 


Buat kamu yang memiliki ketertarikan dan berminat mempelajari seni tari, SMK Jurusan Seni Tari bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut ini, lima materi yang akan kamu dapatkan jika mengambil Jurusan Seni Tari menurut Abing Santoso, guru Jurusan Seni Tari, SMKN 12 Surabaya, Jawa Timur. 


  1. Sejarah Seni Tari

Mengingat seni tari memiliki sejarah panjang dan cerita yang berbeda-beda, pada materi ini setiap siswa akan belajar tentang sejarah seni tari. Sejarah yang meliputi perkembangan seni tari dari masa lampau hingga saat ini dan mempelajari berbagai jenis tradisi tari, jenis tarian, dan perkembangan gaya tari dari berbagai budaya.


  1. Teori Tari

Setelah mengenal sejarah panjang seni tari, para siswa akan belajar teori-teori yang berkaitan dengan seni tari, seperti ritme, gerakan tubuh, ekspresi, dan komposisi. Selain itu, pada materi ini para siswa akan belajar tentang konsep dasar koreografi dan cara mengembangkan ide tari.


  1. Teknik Tari

Untuk menghasilkan gerak tari yang indah setiap siswa perlu memahami tentang teknik dasar tari. Pada materi teknik tari ini, para siswa akan berlatih secara intensif tentang teknik dasar gerakan tubuh, langkah-langkah, dan posisi yang terkait dengan tari tertentu. Selain itu, para siswa juga akan mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kelenturan, kekuatan, dan daya tahan fisik dalam konteks seni tari.


  1. Koreografi

Teknik tari yang telah diajarkan ke siswa kemudian dikembangkan dalam bentuk koreografi. Dalam materi ini para siswa akan mendapatkan materi pengembangan keterampilan dalam merencanakan, menyusun, dan mengeksekusi koreografi tari. Melalui materi ini, para siswa juga akan memahami prinsip-prinsip desain ruang, waktu, dan gerakan dalam menciptakan karya tari yang menarik.


  1. Pementasan dan Pertunjukan

Jurusan Seni Tari berhubungan erat dengan pementasan dan pertunjukan. Oleh karena itu, penting untuk siswa jurusan ini memahami materi pementasan dan pertunjukan.  Dalam materi ini, para siswa akan belajar tentang koordinasi dan kolaborasi kelompok untuk pertunjukan seni tari. Kemudian para siswa juga akan belajar aspek-aspek praktis, seperti tata panggung, pencahayaan, dan kostum untuk pertunjukan seni tari.


Itu dia lima materi yang dipelajari oleh siswa Jurusan Seni Tari. Buat kamu yang ingin mengembangkan bakat menari mu segera pilih SMK yang memiliki jurusan ini. (Aya/Cecep)