Dorong Kemandirian Siswa, SLBN Bogor Produksi SNE Kopi Siap Minum

Dorong Kemandirian Siswa, SLBN Bogor Produksi SNE Kopi Siap Minum

Bogor, Ditjen Vokasi PKPLK - Menyiapkan anak kebutuhan khusus (ABK) menjadi mandiri dan siap memasuki dunia kerja menjadi salah satu tujuan sekolah luar biasa (SLB) selain membekali mereka dengan pengetahuan akademik dasar. Hal inilah yang kemudian mendorong SLB Negeri Bogor mengembangkan berbagai program keterampilan untuk para peserta didiknya.


Salah satu keterampilan yang diajarkan di SLB ini adalah pembuatan minuman kopi kekinian siap minum. Para siswa bahkan sudah berhasil melahirkan produk unggulan yang diberi nama SNE Kopi. 


“Seluruh proses dalam pembuatan kopi ini dibuat seluruhnya oleh para siswa secara bersama-sama,” kata Kepala SLB Negeri Bogor, Lia Cornelia Dewi.


Program keterampilan pembuatan kopi sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir. Produk kopi kemasan ini juga telah menjadi ikon SLB dan kerap hadir setiap ada event baik di tingkat kabupaten maupun provinsi. 


“Tujuan dari latihan kerja ini adalah membekali peserta didiknya untuk mampu berinteraksi, mampu mengikuti alur kerja melalui latih kerja, dan mampu untuk membuka usahanya sendiri hingga bisa menjadi terampil kerja untuk bisa mendapatkan keterampilan kerja dan melanjutkan masa depan berkelanjutan," kata  Lia.


Pengembangan keterampilan pembuatan kopi dimulai dengan menghadirkan baritas ke sekolah. Dalam mengajar, barista dibantu oleh guru untuk menerjemahkan materi pelatihan kepada para siswa dengan menggunakan bahasa isyarat.


“Awal pengembangan program ini adalah permintaan ana-anak. Lalu, kami berinisiatif untuk mengembangkan,” kata Lia.


Sebagai bagian dari pembelajaran, anak-anak tunagrahita bertugas pada bagian pengemasan, yaitu menempel dan menggunting label, kemudian anak tunarungu yang meracik kopi.


Selain barista, keterampilan lain yang diajarkan di SLB ini seperti ecoprint.


“Kami ingin menjawab kekhawatiran orang tua akan ke mana anak mereka setelah lulus,” tambah Lia. (Nan/Cecep)