IISMAVO Night Hadirkan ‘Indonesia’ di Coventry University

IISMAVO Night Hadirkan ‘Indonesia’ di Coventry University


Coventry, Ditjen Vokasi – Sebanyak 42 mahasiswa yang sedang mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards Edisi Vokasi (IISMAVO) di Coventry University, Inggris, menggelar rangkaian acara IISMAVO Night: A Glimpse of Indonesia”beberapa waktu lalu. Diramaikan oleh lebih dari 100 audiens, pagelaran tersebut juga dihadiri oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk United Kingdom, Desra Percaya, dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI London, Profesor Khairul Munadi.

 

Zefanya Diva Wijayanti, Project Officer of IISMAVO Night, mengutarakan bahwa rangkaian acara IISMAVO Night bertujuan untuk memperkenalkan kehangatan, keindahan, dan keberagaman Indonesia. “Selain penampilan eksklusif dari IISMAVO awardees, kami juga menyiapkan banyak hidangan khas Indonesia untuk dapat dinikmati,” tuturnya.

 

Taufiq Hidayat selaku student representative of IISMAVO awardees at Coventry University menambahkan bahwa IISMAVO Night merupakan persembahan terakhir mereka sebelum kembali ke tanah air dalam waktu dekat.

 

Sementara itu, Deputy Vice-Chancellor of Coventry University, Profesor Richard Dashwood, mengungkapkan rasa senangnya terhadap suksesnya program flagship Kampus Merdeka ini. “Ini adalah bukti nyata kerja sama antara UK dengan Indonesia. Saya harap program seperti ini akan terus berjalan ke depannya,” imbuhnya.

 

 

Nuansa Kebangsaan

 

Nuansa kebangsaan menyelimuti venue ketika acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan puisi, ikrar Sumpah Pemuda, penampilan aransemen Tanah Airku, dan penampilan tari tradisional. Nusantara board yang berisi fun fact mengenai daerah-daerah yang ada di Indonesia di sudut ruang juga menambah kesan Indonesia pada malam itu.

 

“Apresiasi setinggi-tingginya saya haturkan kepada adik-adik mahasiswa awardees IISMAVOyang berinisiatif untuk menggelar IISMAVO Night. Saya memang ambasador yang ditunjuk oleh Pemerintah Republik Indonesia, tetapi ambasador yang sesungguhnya adalah adik-adik yang telah berusaha keras menyelenggarakan acara pada malam hari ini,” ucap Dubes Desra.

 

Acara pun berlangsung meriah dengan penampilan band awardees IISMAVO Coventry. Ditambah lagi, beragam sajian makanan dan minuman khas Indonesia, seperti soto ayam, indomie, jasuke, es buah, dan kopi gayo turut meramaikan suasana pertunjukan.




Tak ketinggalan, para peserta IISMAVO Coventry juga mengajak seluruh audiens, termasuk Dubes Desra, Prof. Richard Dashwood, Prof. Khairul Munadi, dan Prof. Benny Tjahjono untuk mengikuti flash mob Gemu Fa Mi Re dan berfoto bersama di panggung. Rasa bahagia semakin mendominasi ruangan ketika para IISMAVO awardees bergandengan tangan dan bernyanyi bersama sembari mengitari panggung ketika lagu “Laskar Pelangi” dimainkan sebagai penampilan pamungkas.

 

Awardees IISMAVO Coventry University ini tangguh, tidak cengeng. Meski dengan segala keterbatasan resource dan waktu, di tengah sibuknya kuliah dan magang, mereka bekerja keras untuk menghadirkan acara yang sukses. Tidak ada kata yang dapat mendeskripsikan rasa bangga saya kepada mereka,” ucap Prof. Benny Tjahjono, Professor of Sustainability and Supply Chain Management di Centre for Business in Society (CBiS), selaku penanggung jawab kegiatan IISMAVO di Coventry University. (Diksi/IISMAVO/AP)