“Dawa” Sabun Cuci Piring Produksi SMKN 2 Metro yang Diburu Masyarakat
Metro, Ditjen Vokasi PKPLK – SMKN 2 Metro, Lampung memproduksi sabun cuci piring berkualitas dengan harga terjangkau. Sabun cuci piring yang diberi merek “Dawa” ini merupakan hasil produksi siswa-siswa Konsentrasi Keahlian Kimia Industri SMKN 2 Metro.
Sabun cuci piring Dawa yang diproduksi oleh SMKN 2 Metro menawarkan sejumlah keunggulan yang membedakan dari produk serupa di pasaran. Dengan formula ramah lingkungan, sabun ini tidak hanya efektif menghilangkan lemak dan noda membandel, tetapi juga aman bagi kulit. Dibuat dengan bahan-bahan yang berkualitas tinggi, produk ini memiliki aroma segar yang menenangkan dan menghasilkan busa melimpah sehingga efisien untuk membersihkan kotoran.
Kepala SMKN 2 Metro, Armina, menyampaikan bahwa dalam proses produksi ini, para siswa tidak hanya mempelajari cara membuat produk berkualitas, tetapi juga strategi pemasaran dan manajemen bisnis. Hal ini menjadi bagian dari upaya sekolah untuk membekali siswa dengan keterampilan praktis yang relevan di dunia kerja maupun kewirausahaan.
“Dari ilmu-ilmu yang sudah didapatkan oleh siswa di dalam kelas, kami mencoba mendorong siswa untuk mengaplikasikan ilmunya agar menghasilkan produk yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat,” ucap Armina.
Armina juga menekankan pentingnya siswa untuk meningkatkan hard skills karena kemampuan tersebut adalah modal awal untuk terjun ke dunia kerja. Selain itu, etika dalam bekerja juga perlu diperhatikan karena nantinya etika yang akan membuat siswa bertahan dan berkembang di dunia kerja.
“Siswa SMK harus siap terjun ke dunia kerja, siapkan mental, peka dengan keadaan sekitar, disiplin, dan jujur dalam pekerjaan. Indonesia butuh anak SMK yang keren. SMK Bisa, SMK Hebat,” ucap Armina.
Respons masyarakat terhadap produk Dawa sangat positif. Dalam waktu singkat, produk ini laris manis di pasar lokal. Harga yang ditawarkan pun terbilang murah, rata-rata berkisar antara Rp5.000,00 sampai Rp10.000,00. Harganya yang terjangkau dengan kualitas premium menjadi daya tarik utama bagi konsumen.
Meskipun baru ditawarkan di sekitaran sekolah, seperti keluarga siswa dan keluarga guru, sambutan terhadap produk hasil karya sekolah cukup diminati. Tak mau ketinggalan zaman, SMK Negeri 2 Metro memanfaatkan platform digital seperti YouTube untuk menjangkau masyarakat luas guna mempromosikan produk karya sekolah. (SMKN 2 Metro/Aya/Cecep)