Ide Minuman Segar Khas Indonesia Cocok untuk Takjil Buka Puasa ala LKP Citra Mas

Ide Minuman Segar Khas Indonesia Cocok untuk Takjil Buka Puasa ala LKP Citra Mas

Jakarta, Ditjen Vokasi - Buka puasa menjadi momen yang dinantikan oleh umat muslim di mana pun. Meneguk minuman yang menyegarkan menjadi hal yang wajib untuk menghilangkan dahaga. Berbagai minuman khas Indonesia sudah tentu sangat layak untuk dicoba sebagai takjil. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki kebudayaan daerah yang sangat menarik.


Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Citra Mas, Jakarta, sebagai lembaga kursus kuliner atau tata boga membagikan beberapa ide minuman segar yang bisa Sobat Vokasi buat di rumah. Berikut adalah penjelasannya menurut Pemimpin LKP Citra Mas, Retno Multriarti.


  1. Es Kuwut

Minuman pertama yang bisa kamu coba buat adalah es kuwut. Es kuwut adalah minuman tradisional khas Bali yang terkenal akan rasanya yang lezat. Dibuat dari campuran berbagai bahan alami seperti kelapa, ketela pohon, dan rempah-rempah, minuman ini cocok untuk menyambut momen berbuka puasa yang spesial.


  1. Es Blewah

Minuman dingin lainnya adalah es blewah. Dengan rasa manis dan segarnya, serta kandungan nutrisinya yang baik untuk tubuh, es blewah merupakan pilihan takjil yang ideal untuk menyambut berbuka puasa. Potong atau serut blewah sesuai selera. Setelah itu tambahkan air serta es batu. Jangan lupa untuk tambahkan gula ataupun sirup sesuai dengan selera kamu, ya. 


  1. Es Pisang Ijo

Pilihan minuman kali ini datang dari Makassar, tidak lain tidak dan tidak bukan adalah es pisang ijo. Rasa yang manis dengan sirup merah dan es serut yang banyak membuat minuman ini menyegarkan. Ditambah dengan potongan pisang raja yang manis, membuat es jenis ini tidak hanya menyegarkan tetapi juga cukup mengenyangkan. 


  1. Es Buah

Tidak seperti es blewah yang hanya menggunakan satu jenis buah saja, es buah merupakan campuran dari berbagai buah. Es buah biasanya menggunakan alpukat, melon, buah naga, dan juga tambahan nata de coco maupun jelly. Tak lupa dengan tambahan gula maupun susu bisa membuat es buah semakin segar dan manis.


Itulah minuman dingin dan menyegarkan yang bisa dijadikan pilihan untuk buka puasa. Cukup mudah bukan? Kamu juga dapat meningkatkan kompetensi di bidang kuliner dengan mengikuti berbagai kursus dan pelatihan di LKP. (Zia/Cecep)


Sumber: Freepik.com