Perluas Jaringan Internasional, PNB Sepakat Kerja Sama dengan HOPE International China

Perluas Jaringan Internasional, PNB Sepakat Kerja Sama dengan HOPE International China


Denpasar, Ditjen Vokasi - HOPE International China menawarkan kerja sama kolaboratif  dengan Politeknik Negeri Bali (PNB). Sebagai organisasi yang menjadi penghubung perguruan tinggi dengan mitra industri di China, tawaran kerja sama HOPE International ini diharapkan tidak hanya akan meningkatkan daya saing mahasiswa secara global, tetapi juga menunjukkan potensi PNB yang semakin diperhitungkan di kancah internasional.


Tawaran kerja sama disampaikan langsung oleh Chairman of HOPE International, Li Zhuming, saat kunjungan bertajuk "Invitation for Collaborative Engagement" ke kampus PNB beberapa waktu lalu. Kerja sama yang akan dilakukan kedua institusi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengembangan sumber daya manusia di kedua institusi.


Menurut Li Zhuming, PNB merupakan mitra strategis dalam upaya kolaboratif internasional. 


“PNB adalah mitra strategis yang kami pandang memiliki potensi besar dalam pengembangan pendidikan dan penelitian bersama. Kami sangat antusias untuk memulai kerja sama ini dan yakin bahwa kolaborasi ini akan membawa manfaat signifikan bagi kedua institusi,” ujar Li Zhuming yang didampingi oleh Director of International Relations, HOPE International, Simon H. Yu, dalam kunjungan tersebut.




Li Zhuming menambahkan bahwa PNB memiliki lingkungan akademik yang dinamis dan inovatif, yang sejalan dengan visi dan misi HOPE International dalam menciptakan pendidikan berkualitas dan berdaya saing global. Kerja sama ini diharapkan dapat membuka berbagai peluang baru.


Sebagai bagian dari kesepakatan ini, tim dari HOPE International telah melakukan visitasi ke beberapa jurusan di PNB, termasuk Teknologi Informasi (TI), Teknik Elektro (TE), dan Pariwisata. Visitasi ini bertujuan untuk memahami lebih dalam mengenai kurikulum, fasilitas, dan kebutuhan dari masing-masing jurusan sehingga program kolaboratif yang dirancang dapat lebih tepat sasaran dan efektif.


Dalam waktu dekat, HOPE International juga akan mengadakan pertemuan lebih lanjut dengan PNB untuk membahas rincian dan implementasi dari rencana kerja sama tersebut. Pembahasan akan mencakup perancangan program-program konkret yang dapat memberikan manfaat maksimal bagi kedua institusi secara keseluruhan.


Direktur PNB, I Nyoman Abdi, menyampaikan apresiasinya terhadap kunjungan tim dari HOPE International dan menegaskan komitmen PNB untuk menjalin kerja sama internasional yang produktif dan bermanfaat .


“Kami sangat menghargai kunjungan delegasi HOPE International dan ini merupakan peluang besar untuk memperluas wawasan dan meningkatkan kualitas pendidikan di PNB. Kunjungan ini diharapkan dapat membawa manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak,” ujar Nyoman Abdi.




Keterlibatan kolaboratif ini meliputi berbagai bidang, termasuk pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian bersama, serta program pelatihan dan pengembangan kapasitas. Politeknik Negeri Bali sendiri telah mencapai kesepakatan penting dengan HOPE International untuk mengembangkan kolaborasi internasional yang mencakup semua jurusan di PNB.


Dengan adanya kerja sama ini, Direktur Nyoman Abdi berharap, PNB dapat semakin memperkuat jaringan internasionalnya dan meningkatkan daya saing di kancah global. 


“Ini merupakan kesempatan emas untuk meningkatkan hubungan internasional dan memperluas cakrawala pendidikan bagi mahasiswa PNB,” tambahnya.


Kolaborasi ini menjadi langkah strategis bagi PNB dalam memperluas jaringan internasionalnya dan membuka peluang-peluang baru untuk pengembangan akademik dan profesional. Dengan semangat kerja sama dan inovasi, PNB berharap dapat terus berkontribusi pada pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing Internasional. (PNB/Nan/Cecep)