Gandeng Alfamidi, SMKN 1 Malang Dirikan Kelas Industri

Gandeng Alfamidi, SMKN 1 Malang Dirikan Kelas Industri

Malang, Ditjen Diksi - Menggandeng PT Midi Utama Indonesia Tbk atau yang sering dikenal dengan toko berlabel Alfamart juga Alfamidi, SMKN 1 Malang menghadirkan kelas industri.

“Kita ada kelas industri bersama Alfamidi, kurang lebih sudah lima tahun menjalin kerja sama,” ujar Wakil Kepala SMKN 1 Malang Bidang Kehumasan, Asrofi.

Tidak sekadar menghadirkan kelas industri, kerja sama SMKN 1 Malang dengan Alfamidi juga berlanjut pada program praktik kerja industri (prakerin) hingga menjamin keterserapan lulusan SMKN 1 Malang di PT Midi Utama Indonesia Tbk.

“Kelas industri itu ada seleksinya. Jadi, dipilih beberapa siswa yang kemudian bisa mendapat kelas industri. Kemudian siswa juga dapat berkesempatan magang di Alfamidi hingga menjadi pegawai di perusahaan tersebut,” jelas Asrofi.

Lebih lanjut, sebagai komitmen PT Midi Utama Indonesia Tbk dalam melatih dan membimbing talenta dari SMKN 1 Malang guna menjadi lulusan yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan industri, dibuktikan dengan pemberian fasilitas guna mendirikan Alfamart di lingkungan sekolah.

Alfamart yang didirikan di lingkungan SMKN 1 Malang tersebut berjalan dengan sistem shift jaga, kemudian siswa yang duduk di kelas yang lebih tinggi itu dapat mengajari adik kelasnya. Implementasi teaching factory melalui Alfamart tersebut berjalan dengan baik sebagai wadah praktik siswa karena siswa diberikan kesempatan untuk handle mulai dari proses jual-beli hingga penataan produk. Selain itu, produk-produk yang dihasilkan oleh siswa melalui mata pelajaran kewirausahaan juga dijual di Alfamart tersebut.

“Ini minimarket juga difasilitasi oleh Alfamidi, termasuk showcase, kemudian etalase, dan beragam penawaran promo produk yang dijual,” tambah Asrofi.

Hingga kini, PT Midi Utama Indonesia Tbk juga konsisten dalam merekrut lulusan SMKN 1 Malang untuk menjadi pegawainya yang disebar di berbagai wilayah di sekitar Malang, Pasuruan, dan Surabaya. (Diksi/Tan/AP/NA)