Enerflow Engineering Indonesia dan Siskindo Utama Dharma Dukung Pendidikan Vokasi

Enerflow Engineering Indonesia dan Siskindo Utama Dharma Dukung Pendidikan Vokasi

Jakarta, Ditjen Vokasi - PT Enerflow Engineering Indonesia dan PT Siskindo Utama Dharma menandatangani perjanjian kerja sama dengan satuan pendidikan vokasi di Jakarta pada Selasa (6-02-2024). Kolaborasi strategis tersebut merupakan wujud komitmen kedua perusahaan dalam mendukung relevansi pendidikan vokasi melalui penguatan teaching factory serta mempersiapkan tenaga kerja yang andal dan berdaya saing di bidang lingkungan hidup. 

 

Penandatangan perjanjian kerja sama dilakukan oleh Direktur PT Enerflow Engineering Indonesia dan PT Siskindo Utama Dharma, Yunita Fahmi, dan para direktur atau perwakilan dari satuan pendidikan vokasi yang terlibat. Satuan pendidikan vokasi tersebut, antara lain Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Politeknik Negeri Manado (Polimdo), Politeknik Negeri Batam (Polibatam), dan Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP). Selain dengan satuan pendidikan vokasi tersebut, kerja sama juga melibatkan Institut Teknologi PLN (ITPLN). 

 

Sebagai tahap awal, melalui kerja sama ini PT Enerflow Engineering akan bekerja sama dengan keempat politeknik dan ITPLN untuk mengembangkan dan memproduksi perangkat dalam sistem pengolahan limbah cair dan padat untuk industri. Pengembangan dan produksi akan dilakukan bersama-sama di unit-unit teaching factory di masing-masing politeknik dengan melibatkan IT PLN. 

 

Sementara untuk ruang lingkup kerja sama, kerja sama dengan PT Siskindo Utama Dharma akan ditujukan pada penyediaan jasa service, calibration, maintenance, repair governor, serta pengembangan sparepart yang terkait dengan governor. Governor merupakan alat yang sangat vital sebagai pengendali pengoperasian pada satuan pembangkit (turbine generator ataupun diesel) yang dapat diatur baik secara manual atau secara otomatis.