Dorong Kewirausahaan, PNUP Fasilitasi Produk Kewirausahaan Mahasiswa PNUP melalui Expo

Dorong Kewirausahaan, PNUP Fasilitasi Produk Kewirausahaan Mahasiswa PNUP melalui Expo

Makasar, Ditjen Vokasi - Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menggelar “Expo Kewirausahaan PNUP 2024”. Expo Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Administrasi Bisnis ini menghadirkan aneka produk kewirausahaan inovasi mahasiswa sekaligus menjadi praktik langsung pembelajaran berbasis projek atau project based learning (PBL).


Kegiatan ini sekaligus menjadi bagian dari mata kuliah sekaligus PBL bagi mahasiswa Administrasi Bisnis tentang bagaimana menyelenggarakan sebuah kegiatan expo. Setidaknya ada 25 stan atau tenan yang ikut serta meramaikan expo tersebut.


Kegiatan Expo Kewirausahaan ini dihadiri oleh para jajaran pimpinan, dosen, tendik, dan mahasiswa yang berlangsung di halaman Jurusan Administrasi Niaga, Kampus 2 PNUP, Mongcongloe, Maros, Selasa (11-06-2024). 


Direktur PNUP, Ilyas Mansur, berharap, kemandirian merintis bisnis itu dimulai sejak menjadi mahasiswa agar setelah selesai dapat dilanjutkan pengalaman yang didapat selama mengenyam pendidikan di kampus. 


“Saatnya kemandirian merintis bisnis diawali dalam kampus,” ucap IIyas.


Ilyah berharap muatan mata kuliah pada PBL menjadi model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student-centered) dapat terus bertambah. 


“Ke depan, kita upayakan PBL ada di setiap jurusan, khususnya mata kuliah kewirausahaan dan mata kuliah lainnya yang berkaitan dapat bertambah,” ungkapnya. 


Dengan mengangkat tema "Starting Your Future With Entrepreneurship: Enhancing Success to Live Your Dream Life", beberapa mata kuliah terlibat seperti kewirausahaan, manajemen event, aplikasi komputer bisnis, manajemen pemasaran, dan manajemen penjualan. 


“Kita ingin mahasiswa memulai masa depannya dengan kewirausahaan dan meningkatkan kesuksesannya meraih impian,” ujar Tjare A. Tjambolang selaku Koordinator Prodi D-3 Administrasi Bisnis. 


Sebanyak 25 kelompok usaha mahasiswa ditampilkan, mulai dari bisnis makanan, minimum, camilan hingga kerajinan tangan. 


Menurut Tjare A. Tjambolang, setiap mahasiswa dituntut untuk memperkenalkan usahanya serta saling bertukar ide kreatif dalam berbisnis. 


“Selain mengenal bisnis kita berharap mahasiswa prodi D-3 AB diberi fasilitas dan modal bantuan ke depan," kata Tjare A Tjambolang.


Pada Expo Kewirausahaan kali ini menghadirkan narasumber dari alumni PNUP yang sudah memiliki usaha, seperti Ayu Safitri Ismail (owner donat madu mini (domami), Rury Divya Rana (owner MeyMey cake), dan Masdir (owner mockerz baju kaos). 


“Kita buka rahasia kepada adik-adik mahasiswa untuk trik merintis bisnis,” sebut Ayu Safitri Ismail, salah satu alumnus D-3 Administrasi Bisnis ini. (PNUP/Nan/Cecep)