DGMATH: Produk Inovasi AKN Pacitan Bantu Pembelajaran di Tingkat Sekolah Dasar

DGMATH: Produk Inovasi AKN Pacitan Bantu Pembelajaran di Tingkat Sekolah Dasar

Pacitan, Ditjen Vokasi – Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pacitan melalui Penelitian Dosen Pemula (PDP) sukses mengembangkan aplikasi inovatif ‘DGMATH’ berbasis augmented reality (AR). Agar inovasi ini lebih berdampak, AKN Pacitan pun memperkenalkan aplikasi dalam sebuah sosialisasi di SDN Bangunsari, Pacitan, Jawa Timur. Aplikasi pembelajaran ini awalnya dibuat dengan platform Android pada tahun 2022. Akan tetapi, kini telah diperbarui dengan teknologi AR, yang membuat belajar lebih interaktif dan menyenangkan.


DGMATH didesain untuk mempelajari sifat-sifat bangun ruang, seperti kubus, balok, limas, prisma, kerucut, tabung, dan bola. Dengan teknologi AR, siswa dapat melihat visualisasi tiga dimensi dari bangun ruang tersebut sehingga pembelajaran menjadi lebih hidup dan menarik. Tidak hanya memperkenalkan konsep geometris, aplikasi ini juga mengajak siswa mengenal teknologi canggih yang relevan dengan era digital saat ini.



“Ini adalah hasil karya mahasiswa Program Studi Tata Laksana Studio Produksi serta Pemeliharaan Komputer dan Jaringan di bawah bimbingan dosen-dosen AKN Pacitan,” ujar Dwi Ariani Finda Yuniarti, sebagai salah satu dosen pembimbing 


Dwi juga mengungkapkan bahwa penelitian ini mendukung riset terapan yang diutamakan di perguruan tinggi vokasi. Menurutnya, inovasi pendidikan harus sejalan dengan perkembangan teknologi yang sangat dinamis.


DGMATH menunjukkan bahwa satuan pendidikan vokasi seperti AKN Pacitan memiliki potensi besar untuk membuat produk yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu, DGMATH juga menjadi bukti bahwa inovasi teknologi dapat diintegrasikan dalam pendidikan sejak usia dini. Ke depan, produk inovatif ini akan terus dikembangkan untuk menjadi lebih optimal. 



“Kami berharap, DGMATH bisa digunakan di berbagai sekolah dasar di Pacitan atau bahkan di Indonesia secara keseluruhan,” ujar Dwi.


Selain sosialisasi DGMATH, acara tersebut juga diisi dengan pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi Canva. Guru-guru SDN Bangunsari dilatih membuat presentasi, merekam video mengajar, hingga mengedit video untuk menghasilkan media pembelajaran yang menarik dan efektif.


Sebagai informasi, acara ini dihadiri oleh puluhan siswa dan guru, yang menyambut positif upaya AKN Pacitan dalam mendukung pembelajaran berbasis teknologi. Harapannya, inovasi seperti DGMATH dan pelatihan pembuatan video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat dasar, sekaligus membuka wawasan siswa dan guru terhadap kemajuan teknologi. (AKN Pacitan/Nan/Cecep)