Dekatkan Mahasiswa ke Industri, PNUP Bawa Mahasiswa Kunjungan Industri

Dekatkan Mahasiswa ke Industri, PNUP Bawa Mahasiswa Kunjungan Industri


Makassar, Ditjen Vokasi - Dalam rangka menambah wawasan pengetahuan mahasiswa, Program Studi (Prodi) D-3 Teknik Elektronika, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengadakan sesi kunjungan Industri mahasiswa ke Pabrik Gula PT Makassar Tene di Makassar, Sulawesi Selatan. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa terkait dengan proses bisnis industri. 


PT Makassar Tene sendiri merupakan 1 dari 3 pabrik gula rafinasi di bawah naungan FKS Grup yang ada di Indonesia. 


Ketua Prodi D-3 Elektronika, Muhammad Chaerul Rijal, mengatakan bahwa kegiatan kunjungan mahasiswa ke industri  ini tidak lepas dari praktik baik praktik Merdeka Belajar, di mana para mahasiswa dapat belajar langsung di industri mengenai teknologi-teknologi terbaru yang digunakan di industri. Khususnya industri gula rafinasi. 


"Di sini mahasiswa bisa mengetahui peralatan elektronika industri yang digunakan seperti sensor-sensor dan aktuator yang dipakai dalam proses produksi gula rafinasi dari awalnya berupa raw sugar hingga menjadi gula siap konsumsi dalam kemasan," kata Chaerul Rijal. 


Selain itu, lanjut Chaerul Rijal, kunjungan industri juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertemu dengan para ahli di bidang industri. Interaksi dengan mereka diharapkan akan membuat mahasiswa belajar banyak tentang kepemimpinan dan hal-hal teknis yang berguna bagi kariernya di masa depan. 


“Dari kunjungan ini juga diharapkan akan memotivasi mereka untuk lebih serius mempelajari bidang elektronika industri,” tambah Chaerul Rijal.


Kegiatan kunjungan ini sendiri diikuti sekitar 70 mahasiswa yang dibagi dalam 2 sesi pelaksanaan, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Masing-masing sesi didampingi oleh dua dosen pembimbing. Pada kunjungan kali ini, para mahasiswa diterima langsung oleh Pahruddin sebagai HRGA PT Makassar Tene dan Agusnawan sebagai Head of Engineering PT Makassar Tene.


Dalam kegiatan kunjungan industri kali ini, mahasiswa diajak berkeliling melihat proses produksi gula rafinasi hingga proses pengepakan dan support system pabrik. Selain berkeliling, mahasiswa juga diberikan pelatihan singkat cara mengkalibrasi sensor-sensor dan aktuator yang sering digunakan di PT Makassar Tene yang dilaksanakan di ruang workshop divisi instrumentasi.


Pada akhir sesi kunjungan, mahasiswa D-3 Teknik Elektronika menyampaikan kesan bagaimana kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka untuk memperkenalkan tentang penerapan bidang elektronika di industri. Dengan kegiatan ini juga membantu mahasiswa mengerti bidang yang nantinya akan mereka tekuni jika akan magang atau bekerja di dunia industri manufaktur. (PNUP/Nan/Cecep)