Dari Nol Bangun Usaha Sablon, Kini Amin Sukses Berkat Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha

Dari Nol Bangun Usaha Sablon, Kini Amin Sukses Berkat Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha

Tabalong, Ditjen Vokasi - Merintis usaha yang berkelanjutan memang merupakan tantangan bagi seorang wirausaha. Namun, melalui program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) peserta didik memiliki bekal dalam melatih jiwa kewirausahaan. Salah satunya adalah Aminudin, alumnus program PKW 2021 dari Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Pradata, Tabalong, Kalimantan Selatan. Kini, ia mampu mengembangkan usahanya di bidang sablon dan percetakan dengan stabil.


Kisah Amin merintis usaha di bidang tersebut pun tergolong naik turun. Sebelumnya, ia tak memiliki keahlian sama sekali di bidang desain grafis. Akan tetapi, berkat kesungguhannya mengikuti program PKW, ia bisa meningkatkan keterampilan desain.


“Saya cuma bisa komputer dasar. Selebihnya di bidang desain saya belajar dari nol,” ungkap Amin mengawali cerita.


Bagi Amin, mengikuti program PKW adalah jalan terbaik yang ia tempuh. Melalui program gratis ini, ia bisa mengetahui dunia visual dan juga menumbuhkan jiwa kewirausahaannya. Selama pelatihan kurang lebih dua bulan, ia pun diajarkan bagaimana membuat desain melalui aplikasi Adobe dan Photoshop. Selain itu, terdapat juga penjelasan mengenai sablon dan ilmu bisnis percetakan. 


Amin menambahkan, “Yang saya suka dari program PKW kan benar-benar diarahkan untuk menjadi wirausaha. Jadi, bekalnya gak cuma kemampuan teknis, tapi juga materi-materi kewirausahaan.”


Melalui PKW pula lah, Amin menemukan bakat terpendam yang selama ini belum ia ketahui, yaitu berwirausaha. Program PKW merupakan program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan. Program ini bertujuan untuk menghadirkan wirausahawan muda yang mampu mengembangkan rintisan usaha berkelanjutan. 


Modal Nekat Sampai Omzet Dua Digit