Buat Mata Indah Memesona, Inilah Berbagai Riasan Mata yang Harus Diketahui MUA

Buat Mata Indah Memesona, Inilah Berbagai Riasan Mata yang Harus Diketahui MUA

Jakarta, Ditjen Vokasi - Pernah mendengar peribahasa ‘dari mata turun ke hati’? Mata yang memesona akan memiliki daya tarik. Tak heran riasan mata menjadi hal yang sangat penting, terutama dalam tata rias pengantin (TRP). Untuk itulah seorang makeup artist (MUA) perlu menguasai teknik riasan mata. 


Pada acara Bincang Edukasi “Sukses Jadi MUA Populer Gara-gara Kursus”, beberapa alumni kursus tata rias pengantin yang sukses membagikan berbagai teknik riasan mata dengan berbagai gaya pada Jumat, 1 September 2023.


Alumni yang sudah memiliki puluhan ribu followers itu adalah Maulana Yusuf Al Muzaki yang merupakan alumni program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) 2019 Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Andini, Jombang. Ia membagikan tip riasan barbie look. Lalu ada pula Putri Citra Pratiwi yang merupakan alumni program PKW 2019 LKP Riffa, Cimahi yang membuat riasan korean look. Selain itu R. A. Kanas Kosasih Koesoemadinata atau biasa disapa Kannu selaku Ketua Lembaga Sertifikasi TRP pun membagikan riasan tradisional.


Berikut adalah perbedaan riasan mata dengan berbagai gaya menurut Maulana, Putri, dan Kannu. 


  1. Riasan Mata Barbie Look

Riasan pengantin dengan tampilan barbie look adalah gaya riasan yang terinspirasi oleh boneka Barbie yang terkenal dengan fitur wajah yang imut, tampilan yang bersih, dan sentuhan glamor. Maulana membagikan ciri khas pada riasan mata barbie look adalah penggunaan eyeshadow berwarna-warni, tetapi soft, eyeliner yang tegas, dan bulu mata palsu untuk menciptakan mata yang besar dan cerah. 


  1. Riasan Mata Korean Look

Ciri khas dari korean look adalah riasan yang natural dan segar. Menurut Putri, kunci makeup flawles adalah dimulai skin preparation agar kulit terhidrasi dengan baik. Putri juga mengungkapkan agar mengenali jenis kulit klien. Pada riasan mata korean look, eyeshadow yang dipilih adalah berwarna coklat dan oranye, serta tak lupa dengan tambahan glitter. Putri juga menambahkan bahwa alis yang dibentuk datar seperti tren Korea. Tak hanya itu, pengaplikasian eyeliner harus panjang dan lurus. Hal ini dikarenakan untuk memberikan efek mata yang besar. 


  1. Riasan Mata Tradisional 

Berbeda dengan Maulana dan Putri, Kannu memberikan tip untuk riasan tradisional. Menurutnya, riasan tradisional harus disesuaikan dengan adat yang diusung. Tentu saja pakem riasan untuk adat sunda akan berbeda dengan adat jogja putri atau solo putri. Sebagai contoh, warna eyeshadow coklat, gold, dan hitam bisa digunakan untuk pengantin solo putri paes/nonpaes. Kannu juga memberikan tip menghasilkan riasan mata yang sempurna adalah kuncinya latihan blending dan harmonisasi warna sehingga kelopak mata akan terlihat memukau.


Itulah berbagai riasan mata dengan berbagai gaya. Sebagai seorang MUA, kamu perlu menguasai  ketiga riasan di atas. Kuncinya adalah dengan memperbanyak latihan. Kamu juga dapat meningkatkan kompetensimu dengan mengikuti kursus tata rias pengantin di lembaga kursus dan pelatihan pilihanmu. (Zia/Cecep)