Borong Medali Emas, Polsri Raih Juara Umum pada NPEO 2023

Borong Medali Emas, Polsri Raih Juara Umum pada NPEO 2023

Palembang, Ditjen Vokasi - Dalam meningkatkan soft skill mahasiswa politeknik se-Indonesia di bidang bahasa Inggris, diperlukanlah sebuah kompetisi. Contohnya seperti National Polytechnic English Olympics (NPEO). Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri), Palembang, Sumatra Selatan menyabet medali emas dan meraih juara umum pada NPEO 2023.


NPEO merupakan agenda tahunan yang sudah berjalan sepuluh tahun. Kegiatan ini diadakan oleh Badan Koordinasi Kemahasiswaan (BAKORMA).


“Kami bangga menjuarai beberapa kategori di ajang kompetisi bergengsi nasional tersebut. Hal ini dapat menumbuhkan semangat mahasiswa Polsri lainnya terkait pentingnya kemampuan bahasa Inggris,” ungkap Ing Ahmad Taqwa selaku Direktur Polsri. 



Ajang kompetisi tersebut telah dimulai pada tanggal 20-23 Juni 2023. Terdapat 10 kategori NPEO 2023 ini, yaitu writing novice category, writing master category, debate novice category, debate master category, speech novice category, speech master category, storytelling novice category, storytelling master category, new casting novice category, dan new casting master category. Dari 10 kategori tersebut, Polsri hampir memborong semua medali emas.


Ahmad mengungkapkan bahwa untuk speech master category Polsri meraih medali emas atas nama Mia Puja Andini dan perunggu atas nama Dina Rizki Maretha. Pada new casting master category Polsri juga meraih medali emas atas nama Adita Trie Rahmadani.


Di kategori lain yaitu new casting novice category medali emas diraih oleh Raka Anugrah mahasiswa Polsri. Sementara untuk writing master category medali emas diperoleh Arabella Kaulika dan Annisa Hidayati Lalu untuk debate master category, Polsri memperoleh best speaker 8 yang diwakili oleh Agnes Monica dan best speaker 10 oleh Athirah Putri Kamilah.


Mia Puja Andini yang meraih medali emas dalam kategori speech master mengungkapkan rasa haru karena berhasil memenangkan kompetisi.


"Kompetisi ini dapat menambah portofolio saya khususnya dalam berpidato bahasa Inggris," tutur Mia.


Tak hanya itu, Polsri juga mendapatkan juara 1 penghargaan institusi tingkat nasional yang disusul oleh Politeknik Negeri Bali sebagai juara kedua dan juara ketiga diraih oleh Poltekkes Jakarta II. 


Ahmad mengungkapkan, "Prestasi membanggakan ini berkat dukungan dari seluruh sivitas akademika Polsri yang bersungguh-sungguh mengikuti kompetisi NPEO 2023."


Dalam penyelenggaraannya, Polsri juga menjadi tuan rumah rangkaian kegiatan NPEO 2023. Sebelumnya Polsri telah lebih dulu mengadakan workshop and accreditation on adjudication pada  22 s.d 24 Mei 2023 untuk menunjang kompetensi NPEO pada Juni lalu. (Polsri/Zia/Cecep)