Bersiap, Kemendikbudristek Akan Gelar Konser Musikal MEMELUK MIMPI-MIMPI

Bersiap, Kemendikbudristek Akan Gelar Konser Musikal MEMELUK MIMPI-MIMPI


Jakarta, Ditjen Vokasi - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan menggelar sebuah konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi. Konser ini menjadi kolaborasi yang apik antara Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek dengan menggandeng sejumlah artis-artis ternama Indonesia. 

Konser musikal yang akan berlangsung 25 April mendatang di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat ini menyuguhkan penampilan orkestra apik dari siswa-siswi SMKN 2 Kasihan, Bantul, D.I. Yogyakarta. Bakat-bakat bermusik dari salah satu sekolah musik tertua di Indonesia ini akan beradu dengan sejumlah musisi, artis/aktor papan atas Indonesia, seperti Sherina Munaf, Mawar De Jongh, Ario Bayu, Isyana Sarasvati, Danu Kusumawardhana, Happy Salma, dan sejumlah artis lainnya. 

Pertunjukan ini merespons konsep-konsep besar tentang cinta, pilihan bebas, dan perayaan-perayaan akan kehidupan, seperti yang ditunjukkan dalam komposisi lagu yang akan dibawakan oleh siswa-siswi SMKN 2 Kasihan. Bagaimana orang muda berjuang untuk mengatasi rasa sakit, mengejar mimpi, dan menemukan makna di balik kegagalan akan ditampilkan dengan apik di bawah arahan Wawan Sofwan sebagai sutradara dalam pertunjukan kali ini.

Aktris Happy Salma selaku produser dalam pertunjukan ini mengatakan  bahwa konser musikal akan mempersembahkan lagu-lagu pop dan klasik yang dibawakan oleh para siswa SMKN 2 Kasihan. Lagu-lagu tersebut kemudian akan ditafsir ulang dan dinarasikan, berkolaborasi dengan beberapa seniman tanah air. 

"Jadi berkisah tentang lika-liku perjalanan keempat manusia yang sedang beranjak dewasa dalam menggapai mimpi dan mencari cinta," kata Happy Salma beberapa waktu lalu. 

Menurut Happy, saat ini seluruh pihak yang terlibat dalam pertunjukan ini telah melakukan sejumlah persiapan, seperti latihan-latihan bersama, persiapan kostum, dan sebagainya. 

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, mengatakan, dari konser ini, masyarakat tidak hanya ditunjukkan sebuah pertunjukan musikal yang indah, tetapi juga menyaksikan hasil nyata dari transformasi pendidikan melalui Merdeka Belajar.

“Dengan pembelajaran yang menyenangkan dan relevan di bawah bimbingan para profesional, murid-murid SMKN 2 Kasihan akan tampil  bersanding dengan para aktor, musisi, dan penyanyi papan atas Indonesia,” kata Dirjen Kiki.

Masih menurut Dirjen Kiki, sebagai sebuah kolaborasi, konser musikal ini akan semakin memperkuat ekosistem kebudayaan melalui jalur pendidikan, khususnya SMK. 

“Seni budaya adalah hal yang ditumbuhkan di sekolah, bukan hanya di SMM, tapi juga di sekolah industri yang memiliki orkestra. Untuk membangun karakter murid,” ujar Dirjen Kiki. (Nan/Cecep)