Berikan Konsultasi Kesehatan untuk Masyarakat Kota Singaraja, SMKN 1 Kubutambahan Buka Pos Sehat Skensa

Berikan Konsultasi Kesehatan untuk Masyarakat Kota Singaraja, SMKN 1 Kubutambahan Buka Pos Sehat Skensa

Buleleng, Ditjen Vokasi – Kesehatan merupakan hal penting yang wajib diperhatikan oleh setiap masyarakat. Pengecekan secara berkala menjadi salah satu aktivitas manusia untuk memastikan kondisi tubuhnya baik-baik saja.


Melihat betapa pentingnya pengecekan kesehatan secara berkala, SMKN 1 Kubutambahan, Buleleng, Bali pun mengambil peran dengan mengembangkan kegiatan teaching factory (Tefa) yang diberi nama Pos Sehat Skensa atau yang biasa disingkat dengan PAS. 


PAS merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa Konsentrasi Keahlian Keperawatan dan Caregiving. Menurut Kepala SMKN 1 Kubutambahan, Gede Sukanaya, menyampaikan pelaksanaan layanan kesehatan ini dilaksanakan setiap hari Minggu di Taman Kota Singaraja. Tujuan dari pelaksanaan pos kesehatan ini adalah untuk memberikan pembelajaran bernuansa Industri secara kontekstual sehingga peserta didik dapat menerapkan pembelajaran atau kompetensi yang telah didapatkan sebelumnya di sekolah, baik mata pelajaran produktif maupun mata pelajaran normatif secara nyata di masyarakat. 


Melalui kegiatan ini, masyarakat dapat mendapatkan berbagai layanan kesehatan seperti mengukur tinggi badan, mengukur berat badan, mengukur tekanan darah, mengukur gula darah, mengukur asam urat, mengukur kolesterol, memberikan jasa baby spa, back massage dan refleksi kaki, serta pendampingan lansia.

“Kegiatan ini digelar sebagai bagian dari program pengabdian kepada masyarakat yang digagas. Pos Sehat Skensa ini juga berfungsi sebagai sarana pendidikan kesehatan bagi masyarakat, di mana masyarakat dapat memperoleh informasi mengenai cara menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit,” ucap Gede Sukanaya.

Sementara itu, guru Konsentrasi Keahlian Keperawatan dan Caregiving, SMKN 1 Kubutambahan, Kadek Depi Lusiana, menyampaikan bahwa dengan adanya pos pelayanan ini diharapkan mampu memberikan manfaat besar bagi warga yang mungkin kesulitan untuk mengakses fasilitas kesehatan yang jauh atau mahal.


“Dengan adanya Pos Sehat Skensa ini, kami berharap masyarakat Singaraja dapat lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan, serta siswa kami dapat lebih terlatih dan berpengalaman dalam melayani masyarakat secara profesional,” ucap Kadek Depi. 

Selain pelayanan kesehatan, Pos Sehat Skensa juga mengadakan edukasi tentang pentingnya pola hidup sehat. (Aya/Cecep)