Bantu Tingkatkan Pelayanan, Polinema Beri Pelatihan Artificial Intelligence bagi Staf Kelurahan di Malang

Bantu Tingkatkan Pelayanan, Polinema Beri Pelatihan Artificial Intelligence bagi Staf Kelurahan di Malang


Malang, Ditjen Vokasi - Kemajuan teknologi artificial intelligence (AI) telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, termasuk dalam meningkatkan pelayanan publik. Oleh karena itu, Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Politeknik Negeri Malang (Polinema) melaksanakan pelatihan tentang pemanfaatan AI bagi staf Kelurahan Tasikmadu, Kota Malang, Jawa Timur.  


Ketua Tim Abdimas Polinema, Satrio Binusa Suryadi, mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi AI untuk mendorong efektivitas kinerja, meningkatkan efisiensi pelayanan pada masyarakat, serta mempermudah pengelolaan data administrasi di tingkat kelurahan. Kegiatan yang berlangsung selama dua pekan ini juga bertujuan untuk mengenalkan pemanfaatan teknologi AI untuk memudahkan pekerjaan  staf kelurahan seperti, menulis draft proposal kegiatan, membuat dokumen persuratan, maupun mendesain infografis mengenai informasi seputar pelayanan di kelurahan.



“Kemajuan teknologi AI bermanfaat bagi siapa saja, termasuk bagi staf di Kelurahan Tasikmadu, yang bisa dimaksimalkan untuk mempermudah pekerjaan terutama yang bersifat administratif,” kata Satrio.


Melalui pemanfaatan AI, lanjut Satrio, staf kelurahan akan terbantu untuk mengelola data, menyusun rencana kegiatan, dan pengarsipan dokumen kelurahan secara terorganisasi. 


Selain memberikan pelatihan, tim Abdimas juga melakukan pendampingan teknis kepada staf Kelurahan Tasikmadu agar lebih terbiasa mengoperasikan AI. Beberapa staf kelurahan memberikan umpan balik jika pelatihan ini membantu mereka untuk tetap mengikuti perkembangan zaman, selain memudahkan pekerjaan yang mayoritas berhubungan dengan data dan dokumen. 


Lurah Tasikmadu, Adhi Kritanto, merespons baik kegiatan ini dan berharap kegiatan sejenis dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. 


“Kami berterima kasih atas kesediaan tim Abdimas untuk mengadakan pelatihan lanjutan di tahun ini. AI sudah jauh berkembang dan kami juga ingin meningkatkan performa kinerja agar pelayanan kepada masyarakat bisa lebih efektif dan efisien,” ungkapnya. 


Pelatihan ini diinisiasi atas kerja sama Lurah Tasikmadu dengan tim Abdimas Jurusan Teknologi Informasi yang melibatkan lima orang dosen dan dua mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai keberlanjutan pelatihan di tahun 2023 tentang pemanfaatan Canva sebagai sarana penunjang informasi bagi masyarakat. 


Program Abdimas ini merupakan salah satu upaya Politeknik Negeri Malang untuk mengimplementasikan tridarma perguruan tinggi, khususnya pada pengimbasan pengetahuan pada masyarakat. Pelaksanaan kegiatan abdimas semacam ini diharapkan mampu memberdayakan kemajuan teknologi seperti AI agar menunjang kinerja dan meningkatkan pelayanan staf kelurahan untuk masyarakat sekitar. (Polinema/Nan/Cecep)