Alumni SMK Ini Lahirkan Kampung Animasi

Alumni SMK Ini Lahirkan Kampung Animasi

Malang, Ditjen Diksi – Berkecimpung di dunia animasi, Agus Setyawan, alumni SMKN 4 Malang, akhirnya menginisiasi hadirnya Kampung Animasi di Kota Malang, Jawa Timur. “Animator dari seluruh Indonesia itu banyak juga yang dari SMKN 4 Malang, seperti yang di Bali, Yogya, dan Jakarta. Makanya, saya mau buat inkubator untuk mereka saling sharing,” ujarnya.

Kiprah Agus di dunia animasi tidak diragukan lagi. Tercatat, beberapa proyek besar dari klien negara lain pernah digarapnya. Bahkan, Agus mulai menerima proyek pembuatan animasi sejak ia masih duduk di bangku SMK.

“Saya pernah magang di Malaysia, hingga akhirnya membuat inkubator di sekolah, lalu ditunjuk jadi ketuanya. Dari situ, sudah mulai dapat proyek,” imbuh Agus.

Agus mengaku, meski awalnya belum memahami dunia animasi saat kali pertama memasuki jurusan animasi di SMK, namun akhirnya ia mampu bertahan dan meningkatkan kompetensinya di bidang tersebut. “Awalnya saya nggak ngerti tentang animasi, malah nyaris menyerah. Akan tetapi, akhirnya saya tekuni dunia ini sampai saat ini,” ungkapnya.

Kampung Animasi tersebut, rencananya diresmikan di akhir Juli ini, serta dibuka untuk umum. “Dibuka umum, tetapi harus reservasi dulu. Siapa pun boleh belajar tentang animasi di sini nantinya,” ujar Agus.

Agus menambahkan, pendirian Kampung Animasi tersebut berawal dari idenya dalam mengembangkan studio animasi yang diberi label Roleplay. Kemudian, ibarat pepatah “mestakung” alias semesta mendukung, hadirlah seorang David Santosa yang merupakan CEO Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari yang memberikan dukungan lahirnya Kampung Animasi.

Hadirnya inkubator seperti Kampung Animasi, tentunya menambah deretan prestasi yang diraih oleh anak Indonesia yang kompeten dan mampu berdaya saing global. Alhasil, pendirian sebuah wahana wisata edukasi ini dapat mewariskan kompetensi terhadap generasi penerus. (Diksi/Tan/AP/NA)