AKN Ini Kreasikan Olahan Telur Asin

AKN Ini Kreasikan Olahan Telur Asin

Blitar, Ditjen Diksi - Kota dan Kabupaten Blitar merupakan salah satu wilayah Jawa Timur yang memiliki potensi alam yang luar biasa. Blitar memiliki potensi wisata alam, religi, serta sejarah yang kental bagi masyarakatnya. Tidak hanya wisata, kota ini juga memiliki potensi di bidang peternakan. Sebagian besar hasil peternakan di Jawa Timur berasal dari Blitar. Hasil ternak yang dihasilkan adalah daging ayam, bebek, dan telur. Selain itu, Blitar juga terkenal dengan pusat budidaya koinya.

Sayangnya, tingginya jumlah peternakan kerap menyebabkan surplus pada saat tertentu yang mengakibatkan anjloknya harga jual hasil ternak. Mengatasi hal tersebut, peternak dituntut untuk kreatif dalam mengolah hasil ternaknya menjadi bahan non-komoditas agar lebih tahan lama, meningkatkan nilai jual, dan mampu bersaing di pasaran.

Melihat kondisi tersebut, Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar (AKN Blitar) yang merupakan perguruan tinggi negeri di Blitar, turut berperan aktif dalam pengembangan potensi lokal bidang peternakan unggas.

Melalui Program Studi Pengolahan Hasil Ternak Unggas (PHTU), AKN ini telah menghasilkan beberapa produk unggulan hasil pengembangan ternak unggas, antara lain Produk Pakan Go Organik, Karkas Bebek Halal (Karbela), Bebek Ungkep AKBest, telur asin asap, dan kerupuk telur asin.

Dalam menghasilkan telur asin misalnya, jurusan ini telah mengkreasikan produk olahan menjadi kerupuk.

Kerupuk ini terbuat dari telur asin masir dengan tingkat keasinan yang pas, sehingga menghasilkan rasa yang kuat dan mantab. Sedangkan proses pengolahan juga dengan pengawasan yang ketat, yang didampingi oleh dosen, sehingga menghasilkan produk yang sehat, higienis, dan bergizi tinggi. Produk ini dikemas dalam varian rasa original dan berbagai rasa dengan tambahan bumbu tabur sesuai dengan selera konsumen.

Dalam bidang pemasaran, produk ini sudah diedarkan melalui toko rekanan atau secara online dengan berbagai aplikasi belanja online.

Selain kerupuk telur asin, diproduksi juga saus telur asin dan telur asin asap. Saus telur asin merupakan makanan pendamping yang berguna untuk menambah cita rasa makanan, dengan penggunaannya yang bisa langsung dicocol atau sebagai bumbu tambahan saat proses pengolahan makanan. Sedangkan telur asin asap merupakan telur asin pada umumnya, namun dalam proses pematangannya tidak direbus, melainkan dengan bantuan pengasapan.

Proses pengasapan mengakibatkan warna dari telur asin berubah menjadi hitam kecokelatan dan rasa yang dihasilkan juga berbeda dengan telur asin pada umumnya. Muncul aroma khas dari hasil pengasapan yang makin mengugah selera. Selain warna dan rasa, tekstur telur asin asap lebih kenyal dan tidak mudah hancur karena kandungan air yang berkurang selama proses pengasapan. (Diksi/HK/AP/NA)