Yuk, Intip Prospek Kerja Bidang Kuliner!

Yuk, Intip Prospek Kerja Bidang Kuliner!

Jakarta, Ditjen Diksi – Berbagai profesi dan bisnis kuliner saat ini kian menjanjikan. Inovasi-inovasi makanan yang bermunculan membuat tren kuliner semakin mendapat angin segar di lidah masyarakat. Tak heran, sebagai salah satu bidang keahlian vokasi, prospek kerja bidang hospitality khususnya kuliner menjadi salah satu yang sangat dicari dan dibutuhkan.

Berbagai pendidikan vokasi bidang kuliner juga sudah terselenggara, salah satunya di SMKN 6 Yogyakarta. Program keahlian kuliner ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang kompeten dan mampu berdaya saing global, khususnya bidang kuliner. Selain itu, peserta didik juga disiapkan untuk mandiri dan terampil untuk menjadi wirausaha bidang kuliner.

“Alumni tata boga mempunyai peluang kerja sangat besar. Tentunya lulusan SMKN 6 Yogyakarta termasuk didalamnya, mereka dapat bersaing menjadi tenaga yang siap terjun di dunia usaha dan dunia industri (DUDI),” ujar Sri Rejeki Wahyuningsih, Kepala Program Keahlian Kuliner SMKN 6 Yogyakarta.

Melalui kompilasi pembelajaran teori serta praktik, para lulusan di bidang kuliner ini terus mengembangkan potensi dan kompetensinya. Hal itu dibuktikan dengan adanya sebaran siswa yang melanjutkan studi di perguruan tinggi bidang kuliner, serta keterserapan lulusan bidang keahlian kuliner di industri kuliner.

“Beberapa siswa kami mengembangkan ilmu boga dengan melanjutkan studi ke perguruan tinggi, seperti ilmu boga Universitas Negeri Yogyakarta, program studi pariwisata Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada, dan jurusan manajemen boga di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung,” lanjut Sri.

Sri juga menyebutkan lulusan keahlian kuliner sudah banyak yang bekerja sesuai dengan bidangnya, seperti menjadi tenaga boga pada instalasi gizi di beberapa rumah sakit swasta maupun negeri. Bahkan, banyak lulusan yang juga mendirikan usaha kuliner secara mandiri atau berkelompok. Hal itu tentu menunjukkan bahwa prospek dari lulusan bidang kuliner sangat menjanjikan.

Ragam Profesi 

Nah, tahukah kamu apa saja prospek kerja bidang keahlian kuliner lainnya? Berikut lima prospek kerja bidang kuliner yang bisa dikembangkan:

Food Stylist

Tidak mudah untuk membuat sebuah hidangan menjadi lezat, sekaligus memiliki nilai estetika dalam penyajiannya. Pekerjaan sebagai food stylist merupakan salah satu pekerjaan di bidang kuliner yang memerhatikan keindahan penyajian makanan atau minuman. Sehingga tidak hanya soal rasa, namun tampilan pun menjadi sesuatu yang dapat mengundang daya tarik seseorang dalam menikmati sebuah hidangan.

Wirausaha Kuliner

Munculnya berbagai ide kreatif serta inovasi menu makanan maupun minuman merupakan sebuah modal untuk membangun sebuah bisnis kuliner yang menjanjikan. Terlebih, belakangan ini kuliner menjadi salah satu sorotan bagi industri-industri kreatif dalam mengimplementasikan bidang keahliannya. Tidak harus bermodal besar, berawal dari yang sederhana dan dijalani dengan tekun, usaha kuliner dapat berkembang menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Koki

Salah satu hal yang menantang, sekaligus menyenangkan adalah menjadi koki. Lulusan bidang kuliner dapat berpeluang untuk bekerja sebagai profesi koki. Dengan bekal kompetensi dan sertifikasi yang dimiliki, lulusan bidang keahlian kuliner ini menjadi salah satu nilai tambah yang dapat menjadi jawaban dari kebutuhan industri bidang kuliner.

Barista

Tidak hanya menjadi seorang koki, bahkan lulusan bidang kuliner bisa juga menjadi seorang barista. Bisnis minuman seperti kopi yang semakin tren tentu menjadi sebuah peluang besar bagi lulusan bidang kuliner untuk mengembangkan keterampilan meracik dan menyeduh yang dimilikinya. Hal itu secara otomatis juga membuka peluang yang besar adanya bagi lulusan bidang kuliner untuk mudah terserap oleh DUDI.

Food Vlogger

Lulusan bidang keahlian kuliner, bisa juga menjadi seorang food vlogger. Berbekal dengan pengalaman selama pembelajarannya, lulusan bidang keahlian kuliner dapat memberikan reviu mengenai berbagai kuliner dan mengemasnya dalam bentuk video yang kemudian diunggah di beberapa kanal media sosial. Pekerjaan ini merupakan salah satu pekerjaan yang juga banyak diminati saat ini.

Dengan mengetahui beberapa prospek kerja lulusan vokasi bidang keahlian, tentunya dapat membuka mata bahwa ada banyak peluang menuju kesuksesan sesuai dengan bidang vokasi yang dipelajari termasuk kuliner. (Diksi/Tan/AP/KR/Teguh Susanto)