Minat Belajar Pertanian? 5 SMK Ini Bisa Menjadi Pilihan

Minat Belajar Pertanian? 5 SMK Ini Bisa Menjadi Pilihan

Jakarta, Ditjen Vokasi – Indonesia adalah salah satu negara yang dikenal sebagai negara agraris. Selain memiliki potensi maritim yang tinggi, Indonesia juga kaya akan potensi pertaniannya. Tidak heran jika Indonesia dikenal sebagai negara maritim dan negara agraris. 


Potensi yang dimiliki oleh Indonesia tentunya akan maksimal jika diimbangi dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang memadai. Salah satu cara untuk menyiapkan SDM di bidang pertanian bisa ditempuh melalui pendidikan kejuruan pada jenjang SMK. Buat kalian yang tertarik dengan dunia pertanian dan ingin mendalami ilmu pertanian, lima SMK ini bisa menjadi pilihan untuk belajar dan mengembangkan ilmu pertanian. 


  1. SMKN 2 Subang

SMKN 2 Subang terletak di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Sekolah ini dikenal sebagai salah satu sekolah yang memiliki konsentrasi keahlian unggulan di bidang pertanian. SMKN 2 Subang menawarkan berbagai konsentrasi keahlian yang berkaitan dengan agribisnis dan teknologi pertanian. Para siswa dapat belajar cara-cara modern untuk meningkatkan hasil pertanian dengan memanfaatkan teknologi terbaru. 


  1. SMKN 1 Tulungagung

Berada di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, SMKN 1 Tulungagung menawarkan berbagai konsentrasi keahlian di bidang pertanian. Tidak hanya itu, SMKN 1 Tulungagung juga menawarkan konsentrasi keahlian di bidang peternakan dan perikanan. Dengan fasilitas dan tenaga pendidik yang berpengalaman, SMKN 1 Tulungagung menjadi salah satu SMK pertanian yang banyak diminati oleh generasi muda di wilayah Jawa Timur untuk mengembangkan keterampilan di dunia pertanian.


  1. SMK PPN Tanjungsari

SMK PPN Tanjungsari di Jawa Barat adalah sekolah yang spesifik menyediakan pendidikan di bidang pertanian dan peternakan. Dengan fokus yang kuat pada kedua bidang ini, siswa diberikan kesempatan untuk belajar mulai dari proses pembibitan hingga pengolahan hasil pertanian dan peternakan. Tidak hanya itu, SMK PPN Tanjungsari juga merupakan SMK pertanian yang menjadi pilot project kurikulum kopi. Di sini siswa akan belajar proses penanaman kopi hingga menghasilkan kopi siap konsumsi.


  1. SMKN SPP Lampung

SMKN SPP Lampung merupakan sekolah yang memiliki fokus pada pengembangan pertanian di daerah Sumatra. Dengan Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, siswa dibekali dengan ilmu tentang pertanian yang berkelanjutan dan pengelolaan lahan yang baik.


  1. SMKN PPN Jayapura

SMKN PPN Jayapura yang terletak di Papua adalah salah satu SMK yang memiliki spesialisasi dalam bidang pertanian. Sekolah ini mempersiapkan siswa untuk terjun ke dunia agribisnis, dengan materi yang mencakup pertanian berkelanjutan, teknologi pertanian, serta manajemen agribisnis. Fasilitas dan laboratorium modern yang disediakan mendukung siswa untuk belajar dengan baik, bahkan hingga ke wilayah timur Indonesia.


Itu dia lima SMK yang bisa menjadi pilihan untuk belajar pertanian dan tentunya masih banyak SMK Pertanian yang bisa menjadi pilihan tempat belajar ilmu pertanian. Untuk mewujudkan ketahanan pangan berkelanjutan dibutuhkan SDM yang benar-benar berkompeten di bidang pertanian. (Aya/Cecep)