Satuan Pendidikan Vokasi Raih Penghargaan Jakarta Marketing Weeks 2021

Jakarta, Ditjen Diksi – Satuan pendidikan vokasi mendapatkan penghargaan Entrepreneurial Campus Awards 2021 kategori pendidikan vokasi pada acara Jakarta Marketing Weeks (JMW) 2021 (10/6).

JMW 2021 merupakan penyelenggaraan kesembilan dan menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi saat ini, dimana pandemi COVID- 19 masih berlangsung, maka tahun ini JMW 2021 dilakukan secara OMNI dan diselenggarakan selama  5 hari yaitu dari tanggal 9 – 13 Juni 2021. 

“Selamat kepada para pemenang. Semoga ini menjadi sebuah motivasi untuk dapat terus mengasah kreativitas serta kompetensi dan inovasi, khususnya pada pendidikan vokasi agar dapat berkomitmen dalam melahirkan SDM unggul,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto.

Adapun satuan pendidikan vokasi yang mendapatkan penghargaan, yaitu Politeknik Pariwisata Bali yang mendapatkan bronze winner,  Politeknik Negeri Bali mendapatkan penghargaan silver winner, serta Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dan Elizabeth International yang memperoleh penghargaan gold winner.

Pada penghargaan tersebut, Wikan juga kembali menegaskan bahwa yang ditekankan pada pendidikan vokasi pada dasarnya sama dengan konsep pendidikan tinggi nonvokasi yang terdapat konsep kesinergian, inovasi, kreativtas, serta pembelajaran holistik. Namun, yang membedakan adalah mengenai konsep “link and match” dengan paket 8+i yang menjadi landasan dari implementasi pendidikan vokasi.

Selain itu, pada pendidikan vokasi tidak hanya dilakukan pengembangan hard skills. Namun, fokus juga kepada soft skills, seperti kemampuan presentasi, kreativitas, mindset maupun karakter. Sehingga, ke depannya pendidikan vokasi diharapkan dapat melahirkan produk real yang dapat dihilirkan ke industri maupun masyarakat, bahkan mendapat hak paten. (Diksi/Tan/AP/KR)