Pastikan Kompetensi Lulusan, Polban Miliki Program AMTO untuk Mahasiswa dan Masyarakat Umum

Pastikan Kompetensi Lulusan, Polban Miliki Program AMTO untuk Mahasiswa dan Masyarakat Umum

Bandung, Ditjen Vokasi - Politeknik Negeri Bandung (Polban) resmi mendapatkan sertifikasi Aircraft Maintenance Training Organization (AMTO) dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU), Kementerian Perhubungan RI. Keberadaan program AMTO ini dapat meningkatkan daya saing lulusan Program Studi Teknik Aeronautika agar dapat bersaing di industri penerbangan, utamanya perawatan pesawat udara baik dalam skala nasional maupun global.


AMTO sendiri merupakan lembaga yang bertanggung jawab memberikan pelatihan perawatan pesawat udara sesuai standar keselamatan penerbangan sipil internasional. Program AMTO di Polban ini akan memberikan pelatihan bagi teknisi dan engineer perawatan pesawat untuk mendapatkan Basic Certificate A1.4 yang sangat penting untuk bekerja di bidang perawatan pesawat udara.


Program pelatihan AMTO mencakup 3.000 jam pembelajaran yang terdiri dari teori dan praktik, serta diakhiri dengan ujian yang diselenggarakan oleh DKPPU. Pelatihan AMTO dilaksanakan di Kampus Polban sesuai dengan jadwal akademik. Ujian untuk Basic Certificate A1.4 diselenggarakan setelah seluruh modul pelatihan diselesaikan. 


Terbuka untuk Umum


Dalam dunia penerbangan, perawatan pesawat udara menjadi bidang yang sangat kritis. Setiap teknisi yang bertugas dalam perawatan pesawat harus memiliki lisensi dasar sesuai dengan regulasi di Indonesia. 


Program AMTO di Polban tidak terbatas hanya untuk mahasiswa D-3 Teknik Aeronautika saja. Masyarakat umum juga dapat mengikuti program pelatihan untuk mendapatkan sertifikasi yang diakui secara internasional, memperluas kesempatan karir di bidang perawatan pesawat udara. 


Bagi yang tertarik untuk meniti karier di bidang perawatan pesawat udara, jangan lewatkan kesempatan ini. Dapatkan Basic Certificate A1.4 yang berlaku seumur hidup dan jadilah bagian dari industri penerbangan global.


Lenny Iryani selaku Head of Training AMTO Polban mengatakan bahwa melalui program ini diharapkan mahasiswa Prodi Teknik Aeronautika Polban memiliki nilai plus saat melamar pekerjaan di bidang perawatan pesawat udara. 


“Karena mereka telah memiliki sertifikat A1.4 dari AMTO Polban,” kata Lenny. 


Tidak hanya terbatas pada mahasiswa Teknik Aeronautika saja yang akan memperoleh nilai plus, siswa training lainnya pun yang terdaftar sebagai peserta training di organisasi AMTO Polban akan dapat memiliki nilai lebih dengan diperolehnya sertifikat A1.4 dari DKPPU, Kemenhub. (Polban/Nan/Cecep)